DPRD Minta Dinkes Lebih Optimal Tangani Stunting

KENDARINEWS.COM — Kasus stunting di Kota Kendari masih menjadi “pekerjaan rumah”. Hingga kini, tercatat 10 Kelurahan presentase penderita stunting di atas 10 persen. Dewan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari maksimal dalam menangani penyakit stunting. Terutama dalam upaya mengutus bidan atau dokter di tiap Kelurahan dan Desa.

Ketua Komisi III DPRD Kendari La Ode Muhammad Rajab Jinik mengatakan, berbicara mengenai stunting, titik fokus utama terletak pada upaya pencegahan. Strateginya, fasilitas kesehatan setiap Puskesmas dan Posyandu tersedia dengan baik. Sehingga saat ibu hamil datang berkonsultasi dapat dilayani optimal.

“Banyak aduan masyarakat nihilnya fasilitas penunjang ibu hamil saat berkonsultasi. Baik Puskesmas maupun Posyandu. Sehingga pelayanan kurang maksimal,” kata La Ode Rajab Jinik kepada kendarinews.com, Senin (31/5).

Langkah strategis lainnya lanjut Rajab Jinik, Dinkes mengutus bidan setiap Kelurahan dan Desa untuk melakukan pendataan kepada ibu hamil. Termasuk melakukan pemeriksaan, mengecek kondisi dan stabilitas ibu hamil.

“Kita harus cegah sejak dini. Kita tidak menginginkan di era kemerdekaan masih banyak yang menderita gizi buruk. Ini harus dituntaskan segera,” pintanya.

Rajab menambahkan, dalam waktu dekat akan memanggil Dinkes dan Dinas terkait lainnya dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP). Mendudukan polemik stunting dan solusi jitu mengentaskannya.

Terpisah, Kepala Dinas Kendari drg. Rahminingrum mengaku selama ini telah maksimal menjalankan program pencegahan stunting dengan baik. Diantaranya pemeriksaan rutin ibu hamil, vaksinasi balita, dan lainnya.

“Stunting itu bukan hanya tentang kesehatan. Namun juga kaitannya dengan lingkungan, ketahanan pangan,” kaya drg. Rahmiringrum.

Saat ditanya mengenai tingginya angka stunting di 10 Kelurahan, drg. Rahmiringrum berpandangan semua stakeholder mesti bersinergi bergerak meminimalisir.

“Ini butuh akselerasi semua pihak. Agar angka stunting bergerak menurun,” tandasnya. (b/ali)

Tinggalkan Balasan