La Bakry ‘Pamer’ Tenun Wabula ke Wamen

KENDARINEWS.COM– Dua lokasi menjadi tempat kunjungan kerja Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga di Buton. Termasuk melakukan rapat koordinasi bersama jajaran pemerintah, Kamis (27/5) di kawasan Takawa, kantor Bupati Buton.

Dalam lawatannya itu, Jerry Sambuaga mengaku, aspal sebagai kekayaan alam Buton sudah diketahui dan diakui negara bahkan dunia. Olehnya itu, bukanlah sebuah kejutan jika aspal Buton menghampar begitu luasnya. Saat ini, kata dia yang menjadi fokus pemerintah bagaimana memanfaatkan seluruh potensi dalam negeri termasuk aspal, bahkan bisa mengekspornya keluar.

“Kita kenal sedari dulu Buton adalah penghasil aspal. Pemahaman dan orientasi kita adalah produk dalam negeri ini bisa menjadi komoditas ekspor, meskipun banyak tantangan dari segi bahan dan teknologi dengan negara lain yang menjadi kajian kami,” katanya, kemarin. Sementara itu Bupati Buton, La Bakry, memanfaatkan kunjungan petinggi pusat itu untuk memamerkan keunggulan lain daerahnya, tenun khas Wabula.

Kepada Wamen yang juga didampingi Anggota DPD RI asal Sultra, Wa Ode Rabia Aladawiyah Ridwan, La Bakry sangat percaya diri meyakinkan mereka jika tenun Wabula bisa bersaing dengan produk bangsa lainnya. “Tenun ini punya ciri khas sendiri. Pewarnanya alami dan dibuat sendiri oleh perajin, makanya sampai saat ini sudah banyak pesanan dari luar Buton,” promosinya. Pemerintah Kabupaten Buton dan Dekranasda selalu mendukung dan bersinergi untuk memperkenalkan produk khusus tenunan Buton itu.

“Tenun ini sudah jadi industri kecil, warga kita bantu dengan benang jahit, mesin dan kebutuhan lainnya. Paling penting sebenarnya pemasaran juga,” sambungnya. Sementara Wamen Perdagangan turut mencoba sarung tenunan Buton itu dan membawa pulang hasil karya tangan perajin. (b/lyn)

Tinggalkan Balasan