Pelabuhan Tobaku Berangsur Normal

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Mobilitas penumpang yang menggunakan sarana transportasi laut dari Pelabuhan Tobaku menuju Siwa, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tampak lengang sebelum aturan pelarangan mudik berlaku hari ini. Sebagian besar yang melakukan penyeberangan hanya kendaraan angkutan barang dan sebagian kecil mobil pribadi dan pengguna roda dua. Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, mengatakan mobilitas penumpang sehari jelang pemberlakuan larangan mudik yang dimulai hari ini hingga 17 Mei mendatang tampak berangsur normal. Kepadatan hanya terlihat pada Selasa lalu. Kendaraan pribadi mendominasi hingga keberangkatan sebagian angkutan barang tertunda.

“Lonjakan mulai Senin dan memuncak Selasa. Baik kapal feri dan fiber,” ujarnya, Rabu (5/5). Rabu, operasi kapal fiber merupakan yang terakhir hingga 17 Mei mendatang. Adapun armada feri masih melayani dengan syarat mengangkut kendaraan barang atau logistik. Pos penjagaan juga telah siaga di pelabuhan untuk mengontrol aktivitas keluar-masuk orang dan barang di pelabuhan. “Hari ini kembali normal,” singkatnya.

Pantauan Kendari Pos di Dermaga Feri Tobaku, untuk roda dua dan roda empat kendaraan pribadi hanya terlihat beberapa unit saja. Antrean yang nampak yang akan melakukan penyeberangan hanya angkutan barang yang beberapa diantaranya karena tertunda perjalanannya Selasa lalu. Waktu kedatangan dan pemberangkatan kapal juga lebih dipercepat untuk menghindari lonjakan penumpang. Sehari jelang pelarangan mudik, situasi pada dua dermaga di Tobaku lancar dan terkendali. (b/rus)

Tinggalkan Balasan