La Bakry Ingin Lebar Jalur Nasional di Buton Diperluas jadi 7 Meter

Buton

KENDARINEWS.COM — Kondisi jalan nasional di Kabupaten Buton, memang sudah lumayan mulus. Hanya saja itu belum membuat puas Bupati Buton, La Bakry. Menurutnya, jalan nasional sepanjang 159 kilometer tersebut masih harus diperlebar agar akses kendaraan semakin lancar. Lebih penting lagi akan menurunkan risiko kecelakaan lalulintas di jalan. Hal itulah yang dibahas Bupati Buton saat bertemu langsung dengan pihak instansi berwenang. “Sebelumnya kita sudah usulkan. Alhamdulilah pihak Kementerian PUPR ada kesempatan untuk meninjau langsung akhir pekan lalu,” ungkap La Bakry, Selasa (27/4).

Kata dia, lebar jalan nasional yang ada di otoritanya saat ini hanya 4,5 meter. Menurutnya perlu ditingkatkan menjadi 6 atau 7 meter. “Karena kondisi jalan sempit ini sangat rawan kecelakaan,” sambungnya. Hal itu kata dia, juga dalam rangka mendorong keberhasilan dan akses ke Wakatobi sebagai pariwisata unggulan nasional, melalui bandara Betoambari Baubau dan Pelabuhan Murhum Baubau. “Maka salah satu alternatifnya adalah mempersingkat waktu tempuh ke Wakatobi dengan perluasan jalan nasional tersebut,” papar mantan Ketua KONI Buton itu.

Masih kata La Bakry, kehadiran Dr. Ir. M. Rudy Siahaan, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah 3 (Sulawesi Maluku, Maluku Utara dan Papua) itu bisa menjadi titik awal implementasi dari usulannya. “Kita berharap dan berdoa, semoga kehadiran Pak Rudy itu sudah tanda-tanda baik kalau usulan kita bisa diamini Pemerintah Pusat,” tandasnya. (b/lyn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *