PSM Makassar Kalah Adu Penalti, Persija Kantongi Tiket Final

HEADLINE NEWS

KENDARIPOS.CO.ID — Persija Jakarta meraih tiket final pertama Piala Menpora 2021. Itu setelah mereka mengalahkan PSM dalam drama adu penalti di leg kedua babak semifinal yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Minggu, (18/4). PSM sial di adu tos-tosan setelah Hilman Syah memblok empat penendang Persija namun PSM kalah 3-4.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapatkan Persija di menit ke-7, namun Osvaldo Haay yang mendapat bola liar tidak mampu melepaskan tembakan dengan baik. Ancaman berikutnya dari sepak pojok yang dieksekusi Mark Klok namun terjadi pelanggaran oleh Rohit Chand.

Upaya pertama menjebol gawang Persija dilakukan PSM melalui Yacob Sayuri di menit ke-19. Setelah itu, peluang terbaik didapat PSM di menit ke-20. Sayang, umpan Yacob tidak mampu dijangkau Patrich Wanggai yang lepas dari pengawalan.

Tembakan on target pertama didapatkan Persija di menit ke-25 melalui Alfath Fathier yang bisa ditangkap dengan mudah oleh Hilman Syah. PSM membalas lewat situasi sepak pojok. Namun sundulan Erwin Gutawa masih jauh di atas mistar gawang. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

Kembali ke lapangan, kedua klub tetap mempertahankan gaya mereka. Zulham Zamrun dimasukkan Pelatih PSM, Syamsuddin Batola menggantikan Rizky Eka. Wanggai juga ditarik keluar digantikan Saldi di menit ke-54.

Sundulan Osvaldo memberi ancaman pertama di 10 menit awal babak kedua. Hingga menit ke-60, PSM belum memberikan ancaman berarti. Mereka lebih banyak bermain di area sendiri.  Percobaan pertama dilakukan Zulham di menit ke-71 tapi bola melayang tinggi di atas mistar gawang.

Pelatih Persija, Sudirman memasukkan Nico menggantikan Alfath di menit ke-72. Hingga cooling break, tidak ada peluang berarti yang didapatkan kedua klub. Sisa 15 menit pertandingan akan sangat menegangkan.

Memasuki menit ke-80, belum ada perubahan strategi berarti yang dilakukan kedua klub. Pada menit ke-85, Hilman Syah dan Otavio Dutra harus mendapat perawatan. Hilman bisa melanjutkan pertandingan sementara Otavio harus digantikan Sandi Darma Sute.

Peluang emas didapatkan PSM melalui Yacob di menit ke-89. Mendapat bola di depan kotak penalti, pemain asal Papua itu membalik badan melepaskan tendangan keras Beruntung bagi Persija Adritany mampu menepis bola dan hanya melahirkan sepak pojok.

Dari situasi corner, Zulham mendapat peluang terbuka. Namun, sundulannya masih menyamping meski sangat bebas. Tidak ada lagi peluang yang tercipta dan skor 0-0 menjadi hasil akhir pertandingan selama 90 menit. Penentuan pemenang akan diputuskan lewat adu penalti.

Dalam adu tos-tosan, PSM melewatkan tiga kesempatan menang setelah Hilman menggagalkan empat penalti pemain Persija. Skor 4-3 bagi Persija setelah tembakan Zulkifli Syukur bisa digagalkan Anditany.

Persija selanjutnya akan menghadapi pemenang laga semifinal lainnya yang mempertemukan Persib Bandung dan PSS Sleman yang akan bertandingan besok malam. Pada leg pertama, Persib menang tipis 1-0 lewat gol Frans Butuan.

Final sendiri kembali akan berlangsung dua leg. Partai puncak ini akan digelar 23 dan 25 April mendatang. Di sela-sela laga final, akan ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan dua tim yang kalah di semifinal. (Zaki/amr)

Tinggalkan Balasan