Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik Jelang Ramadan, Sekprov Sidak Pasar

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Harga kebutuhan pokok jelang Ramadan di pasar Mandonga Kota Kendari mulai merangkak naik. Namun kenaikannya masih bisa dikontol. Pasalnya, kenaikannya bervariasi antara Rp 500 s.d Rp 5 ribu. Namun khusus cabai harganya mulai turun menjadi Rp 50 ribu perkilogram (kg). Padahal sebelumnya melonjak ke angka Rp 65 ribu perkg. “Harga sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan tapi tidak signifikan. Untuk daging sapi masih normal tak ada kenaikan. Harga cabai yang sebelumnya naik kini mulai turun ke harga normal,” kata Nur Endang Abbas, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar di Kota Kendari, Kamis (8/4).

Dalam sidak, Jenderal ASN turun didampingi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sultra. Diantaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Biro Ekonomi, Bulog, perwakilan BI dan instansi terkait lainnya. Rencananya, sidak ini akan terus dilakukan di sejumlah pasar di Kota Kendari.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra ini menambahkan data yang diperoleh dari sidak ini akan dijadikan masukan untuk mengambil langkah selanjutnya. Jika harga terus naik, pemerintah akan melakukan operasi pasar termasuk memastikan suplai kebutuhan pangan berjalan lancar. “Saya kira, ini sudah menjadi rutinitas jelang Ramadan. Jika dibanding tahun lalu, kondisi saat ini tentu lebih baik. Aktifitas jual beli sudah berjalan normal. Tahun lalu, sangat sepi. Kenaikan harganya pun terjadi secara simultan. Kemungkinan akan kembali normal,” jelas Hj Nur Endang Abbas.

Seorang pedagang Pasar Mandonga, Imran mengatakan harga beras saat ini mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan musim panen belum tiba. Namun ia memperkirakan bulan depan sudah turun. Pasalnya, daerah Konawe sudah memasuki musim panen. “Normalnya, beras lokal dan dolog Rp 8 ribu perkg. Kini, antara Rp 8,5 ribu s.d Rp 9 ribu perkg. Ini buka pengaruh puasa tetapi karena pengaruh tak ada panen,” ujarnya. (c/rah)

Harga Pangan di Pasar Komoditas Kini Sebelumnya
Cabai Rawit Rp 50 Ribu Perkg Rp 65 Ribu Perkg
Lombok Besar Rp 30 Ribu Perkg Rp 25 Ribu Perkg
Bawang Merah Rp 35 Ribu Perkg Rp 30 Ribu Perkg
Beras Lokal Rp 8,5 Ribu Perliter Rp 8 Ribu Perliter
Beras Dolog Rp 9 Ribu Perliter Rp 8 Ribu Perliter
Beras Kepala Rp 9 Ribu Perliter Rp 8,5 Ribu Perliter
Daging Sapi Rp 125 Ribu Perkg Rp 125 Ribu Perkg
Ayam Rp 60 Ribu Perekor Rp 50 Ribu Perekor
Telur Jumbo Rp 58 Ribu Perrak Rp 55 Ribu Perrak
Telur Sedang Rp 48 Ribu, Perrak Rp 45 Ribu Perrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *