Sinergi LPKA-BRI, Terapkan Pembayaran Nontunai

Metro Kendari

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari dan Bank BRI Cabang Samratulangi Kendari sepakat bersinergi. Dua lembaga itu menerapkan pembayaran sistem nontunai berbasis kartu Brizzi.

Sinergisitas kedua lembaga berbeda itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding). Kepala LPKA Kelas II Kendari, Akbar Amnur mengatakan, LPKA membangun sinergi ini guna memudahkan dalam segala bentuk transaksi di LPKA.

“Kita ingin berdayakan penggunaan pembayaran berbasis elektronik. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, dikhawatirkan transaksi tunai dapat menjadi perantara penyebaran virus,” kata Akbar saat sosialisasi dan launching kartu Brizzi sebagai alat pembayaran nontunai di LPKA Kelas II Kendari, Selasa (30/03/2021).

Penandatanganan MoU antara Kepala LPKA Kelas II Kendari, Akbar Amnur (kanan) dan Pimpinan Bank BRI Cabang Samratulangi Kendari, Edy Muthalib (kiri) di aula LPKA Kelas II Kendari, Selasa (30/03/2021).
RAHMA SAFITRI / KENDARINEWS.COM

Upaya itu juga sebagai upaya menekan potensi praktik-praktik pembayaran atau pungutan liar. “Dengan begini tentu dapat menghindari potensi adanya pungutan-pungutan dari luar. Bahkan untuk belanja-belanja di koperasi kantor pun sudah menggunakan Brizzi. Dengan pembayaran sistem ini, kita tidak butuh lagi uang kembalian, semua sudah ada dalam uang elektronik ini,” ungkap Akbar Amnur.

Sementara itu, Pimpinan Bank BRI Cabang Samratulangi Kendari, Edy Muthalib mengapresiasi Kepala LPKA Akbar Amnur yang mempercayakan penggunaan alat pembayaran elektronik khususnya Brizzi di lingkungan LPKA.

“Saat ini, peredaran uang tunai tentu berbahaya, bukan saja dari segi penyebaran pandemi Covid-19, tetapi juga dari potensi tindakan kriminal lainnya. Alat pembayaran elektronik tentu akan sangat membantu masyarakat khususnya di lingkup LPKA,” ujarnya sembari berharap kerja sama dengan LPKA ini terus berlanjut. (rah/b)

Tinggalkan Balasan