150 Personel TNI “Serang” Tiga Desa di Lasalimu Selatan

Penandatanganan naskah rencana pembangunan infrastruktur desa oleh Bupati Buton, La Bakry untuk diserahkan pada Dandim 1413, Letnan Kolonel Arif Kurniawan.

KENDARINEWS.COM–TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 resmi dimulai. Kegiatan yang digawangi Kodim 1413 Buton itu dibuka Bupati, La Bakry, sejak Selasa (2/3) di Takawa, Pasarwajo. Tiga desa di Kecamatan Lasalimu Selatan menjadi sasaran program tahunan tersebut. Dalam arahan singkatnya, Buton-1 itu mengucapkan apresiasi dan kesyukuran. Sebab, TNI tidak hanya sibuk dengan keamanan wilayah, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Salah satunya melalui TMMD.

Menurut dia, TMMD sendiri merupakan wujud nyata sinergi dan akselerasi antara TNI dan Pemerintah Daerah, sehingga melahirkan ide pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat. “Terima kasih TNI, ini wujud sinergi kita. Sesuai sekali dengan temanya sinergi membangun negeri,” katanya. La Bakry melanjutkan, untuk mendukung penuh program tersebut, Pemkab Buton telah menyisihkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Untuk memenuhi semua kebutuhan desa, dana itu memang terbilang tak akan cukup. “Walaupun tidak bisa selesai semua, tapi yang urgen bisa kita tuntaskan sama-sama,” lanjutnya.
Selain dukungan pendanaan, Pemkab juga siap berkolaborasi di lapangan. Misalnya Dinas PU, yang ada kaitannya dengan infrastruktur jembatan, drainase, dan bangunan lainnya. “Kita akan membantu, bahu membahu menuntaskan pekerjaan yang direncanakan,” tegasnya lagi.

Sementara itu Dandim 1413 Buton, Letnan Kolonel Arif Kurniawan, mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama 30 hari ke depan. Sebanyak 150 personel TNI Kodim 1413 Buton akan “menyerang” tiga desa di Lasalimu Selatan. Serangan dimaksud berupa sentuhan pembangunan fisik dan nonfisik untuk masyarakat Desa Sangiarano, Harapan Jaya dan Mulya Jaya. “Sasaran fisik diantaranya pembangunan masjid, drainase, pematangan sarana publik dan pembangunan jembatan. Sedangkan sasaran nonfisik berupa penyuluhan pertanian, Narkoba, Posyandu dan lainnya,” jelas Arif Kurniawan, Rabu (3/3).

Bergulirnya TMMD itu ditandai dengan penandatanganan naskah rencana pembangunan infrastruktur desa oleh Bupati Buton dan diserahkan kepada Dandim 1413 dan disaksikan Wakil Bupati, Iis Elianti, Kapolres, AKBP Gunarko, serta sejumlah pejabat OPD lingkup Pemkab. (b/mel)

Tinggalkan Balasan