Kontrak Berakhir di Persebaya, Brylian Aldama Akan Merumput di Liga Kroasia

Olahraga

KENDARINEWS.COM — Brylian Aldama segera bergabung dengan klub asal Kroasia HNK Rijeka. Pemain asal Sidoarjo itu akan dikontrak selama 18 bulan. Nanti dia bermain untuk tim U-23. Proses administrasi sudah mulai terpenuhi. Termasuk surat yang dikeluarkan manajemen Persebaya Surabaya. Surat sudah dikirimkan langsung kepada Brylian sebagai salah satu syarat kepindahan.

”Surat itu menyatakan bahwa Brylian sudah tidak terikat kontrak dengan Persebaya. Sehingga bisa bermain di klub baru,” kata Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman kepada Jawa Pos. Kontrak Brylian di Persebaya memang berakhir pada akhir 2019. Tepatnya setelah Brylian membawa Persebaya menjadi juara Elite Pro Academy (EPA) U-20.

”Saat itu manajemen sudah menyodorkan tawaran kontrak baru. Tapi, dia (Brylian) menolak karena memang ingin fokus (berkarir) di Eropa,” tambah pria asal Gresik tersebut. Ram menegaskan, Persebaya senang jika Brylian akhirnya bermain di Eropa. Itu pula yang membuat manajemen langsung bergerak cepat begitu pemain 18 tahun tersebut meminta surat keterangan tidak terikat kontrak dengan Persebaya. ”Persebaya selalu mendukung kalau ada pemain yang bisa main di Eropa. Toh, secara legal Brylian sudah bukan milik kami. Kalaupun masih jadi pemain kami, tidak akan kami halangi,” tambahnya.

Green Force –julukan Persebaya– memang punya program mendukung pemain muda bisa berkarir di Eropa. Buktinya adalah kontrak Ernando Ari dan M. Supriadi. Dalam kontrak dua pemain jebolan Garuda Select tersebut, ada klausul khusus yang ditambahkan pihak manajemen. ”Dalam kontrak ada klausul, jika Ernando atau Supriadi diminati klub Eropa, Persebaya harus siap melepas,” ungkap Ram.

Artinya, manajemen Persebaya tidak akan pernah menghalangi pemainnya untuk berkarir di Eropa. ”Lagi pula, klausul kontrak tambahan itu kan untuk karir pemain,” tutur pria yang pernah menjabat media officer Persebaya tersebut. Lalu, bagaimana jika ada klub Asia Tenggara yang meminati Ernando atau Supriadi? ”Kalau (pindah) ke klub Asia Tenggara, nggak akan kami lepas. Tapi, kalau ke Eropa, pasti kami lepas,” ungkap Ram.

Keputusan itu sekaligus diambil untuk memastikan pemain muda bisa tetap bertahan di Persebaya jika tidak diminati tim Eropa.
Apalagi, sejauh ini beberapa pemain Liga 1 memang sempat dikabarkan diminati sejumlah klub Asia Tenggara, khususnya Malaysia. Salah satu pemain tersebut adalah bek Hansamu Yama. Tapi, untuk Hansamu, dia bisa saja pindah. Sebab, tidak ada klausul khusus dalam kontrak pemain 25 tahun itu. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *