Usulan Kuota CPNS Didominasi Tenaga Guru

HEADLINE NEWS


KENDARINEWS.COM — Rencana Pemerintah Pusat yang akan kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara besar-besaran pada 2021, disambut baik sejumlah daerah kabupaten/kota. Beberapa daerah bahkan telah mengajukan kuota kebutuhan CPNS masing-masing. Salah satunya adalah Kota Baubau. Hanya saja, berapa jumlah kuota yang diajukan, pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) justru mengaku tidak tahu.

“Kalau secara keseluruhan (usulan kebutuhan formasi CPNS) saya tidak tahu jumlahnya. Tetapi semua kekurangan, kita usulkan. Pengajuan kuota CPNS dilakukan secara online melalui aplikasi e-formasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Semua daerah begitu,” kata Sekretaris BKPSDM Kota Baubau, Abdul Rahman, saat dikonfirmasi Senin (9/11). Usulan permintaan kuota CPNS Baubau dilakukan berdasarkan jumlah kebutuhan daerah. Kebutuhan itu dirinci dari hasil analisis yang telah dilakukan BKPSDM. “Berapa kuota yang akan diberikan untuk Kota Baubau tergantung keputusan dari BKN. Kita hanya sebatas mengajukan sesuai kebutuhan,” terangnya.

Terkait adanya informasi penerimaan CPNS 2021 mendatang, pihak BKPSDM Baubau mengakuinya. Hanya saja, untuk pemberitahuan secara resmi, belum ada. “Biasanya selalu ada penyampaian dari pusat. Makanya kita belum memastikan apakah 2021 ada penerimaan atau tidak,” ucapnya. Abdul Rahman menambahkan, dari hasil analisis yang dilakukan, kekurangan PNS di Kota Baubau kebanyakan adalah bidang keguruan. Makanya, usulan kuota CPNS yang diajukan ke KemenPAN-RB lebih didominasi tenaga guru. “Khususnya guru SD. Kemudian kita lihat juga kekurangan di SMP, seperti guru olahraga, seni dan lainnya. Ada juga tenaga kesehatan dan tenaga teknis diistasi pemerintahan,” pungkasnya. (b/ahi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *