Girder Jembatan Inner Ringroad Mulai Dipasang, Ini Penjelasan PUPR

 KENDARINEWS.COM–Pemkot Kendari terus mengebut pembangunan Jalur Kembar Kali Kadia (Inner Ring Road). Saat ini, pembangunan fokus pada penyelesaian jembatan. 

 Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana mengungkapkan, pembangunan jembatan fokus pada pemasangan girder. Pemasangan girder penting untuk menopang lintasan (jalur).

 “Pemasangan girder dilaksanakan pada jembatan bentangan 25 meter. Sementara pada jembatan bentangan 90 meter sudah masuk tahap pembesian dan pengecorang,” ungkap Erlis. 

 Selain jembatan, pihaknya saat ini juga fokus pada rigid jalur bundaran. Rigid dilaksanakan pada malam hari atauenunggu suhu udara mulai menurun. Itu dilakukan untuk menghindari potensi rigid pecah jika dilaksanakan pada siang hari atau rigid yang dilaksanakan pada siang hari.

Erlis tak menampik jika dalam pembangunan Inner Inner Ringroad, pihaknya menemui beberapa kendala diantaranya masalah pembebasan lahan dimana ada salah satu warga yang keberatan atas pembangunan jalur diatas lahannya. 

 “Tapi pekerjaan harus tetap berjalan karena belum ada keputusan yang inkrah. Pekerjaan (pembangunan Inner Ring Road) ini harus terus berjalan,” ungkap Erlis. 

 Sekedar informasi, inner ringroad dibangun menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 204 miliar. Inner ringroad dibangun dengan panjang mencapai 4,1 kilometer yang mulai dikerja pada 18 Oktober 2021. Rinciannya, Jalan Brigjen M Yunus (Kali Kadia) yang terhubung dengan RSUD Kendari sepanjang 1,5 km dan Jalan ZA Sugianto (Masjid Al Alam) yang terhubung dengan Jalan Mokodompit (Kampus Baru UHO) sepanjang 2,6 km. 

 Jalan yang dibangun memiliki lebar 30 meter dengan konstruksi beton. Kehadiran mega proyek Pemkot Kendari ini diyakini bisa mengurai kemacetan di kota lulo. (ags/kn)

 

Tinggalkan Balasan