Burhanuddin Menyerukan Agar Warga Melakukan Sholat Istiqhosah

KENDARINEWS.COM — Elnino juga melanda Kabupaten Bombana. Akibatnya beberapa wilayah mengalami kekeringan, membuat padi gagal panen dan krisis air bersih. Pj Bupati Bombana Burhanuddin menyerukan seluruh masjid di Bombana menggelar salat istiqhosah atau salat minta hujan.

Katanya, Pemkab selalu melakukan berbagai upaya mitigasi atau pencegahan agar bisa meminimalisir terjadinya dampak yang serius dari berbagai fenomena yang dapat mengakibatkan suatu bencana.

Saat ini pemerintah telah melakukan berbagai langkah persuasif terkait fenomena elnino. Salah satunya dengan memberikan bantun sumur bor bagi para petani. Upaya ini setidaknya bisa meminimalisir terjadinya gagal panen para petani karena kekurangan air.

“Selain tindakan secara langsung, juga meminta dan bermunajat kepada Allah SWT untuk diturunkan hujan,” ungkapnya saat menggelar Cofee Morning bersama OPD, Camat hingga Tokoh Masyarkat di Aula Tanduale, kemarin.

Surat edaran untuk melakukan sholat Istiqhosa secepatnya akan dia keluarkan. Mengingat cuaca hingga hari ini cukup ekstrem, bahkan ada info bahwa sudah ada daerah yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

“Islam mengajarkan dan menganjurkan, bilamana memasuki musim kemarau yang berkepanjangan, maka disunahkan untuk melaksanakan salat Istiqhosah, salat memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan,” pungkasnya. (idh/b).

Tinggalkan Balasan