Gagas Inovasi SI-MANTAN, Dinsos Konsel Lindungi Masyarakat Rentan

KENDARINEWS.COM–Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menyiapkan upaya preventif dalam penanggulangan penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Salah satunya dengan menggagas inovasi sistem informasi dan layanan berbasis online atau web.

Kadis Sosial Konsel, Nurlita Jaya AS mengatakan inovasi tersebut diberi nama SI-MANTAN yaitu Sistem Informasi Layanan Masyarakat Rentan Miskin. Layanan itu dimaksudkan untuk memberikan layanan cepat, mudah, terjangkau, dan terukur kepada masyarakat pemerlu layanan sosial.

“Layanan ini juga bentuk transparasi data dan pelayanan secara digital kepada masyarakat dalam melakukan pengecekan kepesertaan serta aduan terkait layanan bantuan sosial, dan agar dapat memudahkan dalam melakukan pemutakhiran data pemerlu layanan sosial,” ungkapnya saat Rapat Koordinasi dan Konsultasi Kelitbangan yang dirangkaikan penjaringan inovasi dari OPD lingkup Pemda Konsel, di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (29/8). 

Jenis layanan sosial yang dapat di akses oleh masyarakat yakni program keluarga harapan (PKH), program sembako (BPNT), program PBI-JKN, dan layanan perbantuan lainnya. Menyasar kelompok sasaran yaitu masyarakat miskin, dan masyarakat rentan miskin.

“Jenis layanannya seperti cek bansos, pendaftaran bantuan penyandang disabilitas, dan pendaftaran bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Di dalamnya berisikan formulir pendaftaran yang diakses secara online,” ujarnya.

Dikatakannya dalam layanan tersebut mencakup data center yang berisikan DTKS individu, DTKS keluarga, PBI jamkesda, PBI JKN, dan BPNT.

Hal senada ditambahkan Admin SI-MANTAN, Agus Zainal T. Dalam layanan terdapat pula informasi cek bansos, petunjuk pencariannya, jelas ia, masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan lalu masukkan nama PM (penerima manfaat) sesuai KTP.

“Lalu ketikan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode, jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru kemudian klik tombol cari data. Sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama PM (penerima manfaat) sesuai wilayah yang diinputkan,” pungkasnya. (ndi/kn)

Tinggalkan Balasan