Fakultas Kedokteran Hewan Unair Edukasi Peternak di Konda

KENDARINEWS.COM–Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsep) pada Selasa (20/6)

Pengabdian masyarakat yang berjudul ‘ “Peningkatan Biosecurity Kandang dan Sertifikasi Halal Pemotongan Ayam pada Kelompok Ternak Ayam Kampung Super” diikuti beberapa pemateri handal diantaranya Prof. Dr. Mustofa Helmi Effendi, DTAPH., drh – FKH Unair – Universitas Airlangga, Dr. Dadik Rahardjo, Drh., M.Kes. drh. Adiana Mutamsari Witaningrum, M.Vet

Menurut salah satu pemateri drh Adiana, optimalisasi sistem sanitasi kandang yang kurang sehingga perlu penambahan pengetahuan peternak mengenai sertifikasi halal pemotongan ayam pada Kelompok Ternak Ayam Kampung Super yang terjadi di lokasi mitra.

“Pengabdian masyarakat ini akan memberikan solusi dari permasalahan peternak yang sedang terjadi yaitu pengoptimalisasian sanitasi kandang dengan memberikan edukasi dan praktik pengelolaan sanitasi kandang serta meningkatkan pengetahuan peternak akan sertifikasi halal pemotongan ayam, ” katanya.

Sehingga, sambung drh Adiana, nantinya peternak akan mendapatkan keuntungan dan memberikan pengaruh terciptanya keamanan pangan pada konsumen.

Sedangkan pencapaian akan target luaran pada kegiatan ini yaitu meningkatkan edukasi pada peternak sehingga hasil usahanya akan lebih meningkat dan produktif.

Adapun materi yang diberikan yaitu mengenai Biosecurity, Pemotongan Halal Unggas dan Pembahasan mengenai Chronic Respiratory Diseases. Materi yang disampaikan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan akan sanitasi dan hygiene kandang dengan sistem biosecurity, penyembelihan secara halal pada ayam kampung super yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan ketrampilan peternak sehingga dapat meningkatkan hasil ternak yang optimal.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan wujud kontribusi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan serta menghasilkan produk bahan pangan asal hewan yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal). Dengan ini diharapkan para peternak dapat meningkatkan kualitas hidup dari ternak maupun manusia.” tandas Adiana. (Kn)

Tinggalkan Balasan