Gaet Penanam Modal, DPM-PTSP Baubau Gelar Forum Investasi

KENDARINEWS.COM — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Baubau baru saja menyelenggarakan Forum Investasi. Kegiatan tersebut menjadi event promosi peluang penanaman modal yang pertama kali digelar Pemerintah Kota (Pemkot). Tujuannya untuk memerkenalkan potensi dan peluang investasi di Kota Baubau beserta fasilitas kemudahan perizinan yang tersedia. Diketahui, banyak potensi dan peluang investasi di metro itu yang masih terbuka lebar. Mulai dari sektor pariwisata, laut, perkebunan dan sebagainya. “Tinggal bagaimana menciptakan iklim investasi yang nyaman dan bersungguh- sungguh,” kata Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, kemarin.

Dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau tahun 2023, diketahui laju pertumbuhan PDRB tahun 2022 mencapai 5,28 persen, naik dibanding tahun sebelumnya 4,51 persen. Pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai melalui lapangan usaha pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang. Pada laporan kinerja penanaman modal tahun 2023 triwulan I, realisasi investasi Kota Baubau mencapai Rp 79,21 miliar atau meningkat dari tahun 2022 sebesar Rp 60,83 miliar. “Karena itu, kedepannya dukungan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Pemkot untuk dunia usaha mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, akan lebih meningkat lagi. Kita optimis, target realisasi investasi yang diberikan Pemprov Sultra pada tahun ini akan tercapai,”sambung Baubau-1 tersebut.

La Ode Ahmad Monianse berharap, dengan adanya forum investasi, dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi untuk bersinergi antar pihak dengan terus menyiapkan data dan informasi, memonitor, mengelola dan memelihara iklim berusaha, agar perekonomian terus meningkat. Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi pihak DPM-PTSP yang menggagas adanya mesin antrean pelayanan perizinan berbasis android dan juga melaunching layanan jasa arsitek gratis untuk rumah hunian sederhana.

“Dengan adanya inovasi ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam pengurusan persetujuan bangunan gedung (PBG). Tentu ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota sejalan dengan visi Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya,” paparnya. (kn)

Tinggalkan Balasan