Pemerintah Buka Seleksi CPNS Tahun Ini


–Fokus Jaksa hingga Hakim

KENDARINEWS.COM — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal dibuka tahun 2023 ini. Seleksi akan berfokus pada profesi jaksa hingga hakim.

Menteri Anas mengungkapkan, ada kekurangan hakim umum di sejumlah daerah. Namun, untuk menempati posisi tersebut tidak boleh yang berstatus honorer atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Karena itu, untuk seleksi CPNS, formasi difokuskan pada profesi yang mengadili perkara tersebut.

Sama seperti hakim, profesi jaksa pun menurutnya harus seorang PNS. ”Jadi, seleksi yang dijalankan hanya di Kejaksaan Agung, BIN, dan Mahkamah Agung. Karena jaksa nggak mungkin honorer, harus PNS. Begitu juga hakim. Nggak boleh PPPK, harus PNS. Begitu juga BIN,” jelas Menteri Anas, kemarin.

Sebelumnya, dia mengungkapkan bahwa rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 terbuka untuk umum. Namun, selektif dan terbatas untuk CPNS. Sementara itu, PPPK berfokus pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Terkait jumlah formasi tahun ini, Anas menyebut kebutuhan formasi mencapai lebih dari 1 juta. Kendati demikian, dia belum memerinci detail formasi yang ada. Sebab, posisinya masih diajukan ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. ”Kalau jadwal sudah pasti. Proses yang 2022 kan sudah terlambat, sekarang jalan, nanti untuk yang 2023 formasinya sedang diajukan,” ungkapnya.

Selain jalur seleksi CASN, jalan menjadi abdi negara itu dibuka melalui seleksi sekolah kedinasan. Tahun ini 4.672 formasi sekolah kedinasan telah disetujui. Pendaftarannya resmi dibuka sejak 1 April 2023 dan khusus untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pendaftaran dimulai pada 3 April 2023. Masih ada kesempatan bagi yang berminat mendaftar. Sebab, penutupan baru akan dilakukan pada 30 April 2023. (mia/c6/oni)

Tinggalkan Balasan