Kinerja BUMD Sultra Meningkat, Gubernur dan Dirut Bank Sultra Raih Penghargaan

KENDARINEWS.COM–Prestasi kembali ditorehkan Gubernur Sultra H. Ali Mazi. Teranyar orang nomor satu di Bumi Anoa itu diganjar dua penghargaan dalam Top BUMD Award 2023 yang diselenggarakan Majalah Top Business di Dian Ballroom, Hotel Raffles Jakarta, kemarin.

Ada dua penghargaan yang diraih Gubernur H. Ali Mazi. Pertama, penghargaan Top Pembina BUMD dan Kedua, penghargaan Top BUMD Bank Pemerintah Daerah Bintang.

Gubernur Ali Mazi menyambut baik penghargaan yang disematkan kepadanya. Menurutnya, penghargaan yang diberikan merupakan hasil kerja keras semua insan BUMD di Sultra yang berkomitmen untuk berbenah dalam meningkatkan bisnis dan layanannya.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada seluruh karyawan BUMD atas komitmennya menjalankan bisnis dengan baik sehingga kinerjanya meningkat dan bisnisnya tumbuh sehat. Tentu capaian ini harus dipertahankan bahkan sebisa mungkin ditingkatkan sehingga BUMD di Provinsi Sulawesi Tenggara bisa sejajar dengan BUMD didaerah lain bahkan bisa setara dengan BUMN,” kata Ali Mazi.

Terpisah, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023 M. Lutfi Handayani menyatakan, Top BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

Menurut M. Lutfi Handayani, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis Top BUMD Awards 2023 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” kata M. Lutfi Handayani dalam keterangannya.

Lutfi menambahkan, kegiatan Top BUMD Awards 2023 ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Sementara, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, Prof. Djohermansyah Djohan mengungkapkan, sukses beberapa kepala daerah menerima penghargaan Top BUMD tak lepas dari kerja kerasnya dalam mendukung kinerja BUMD.

Prof Djohermansyah juga menyampaikan beberapa poin penilaian dalam penghargaan Top BUMD ini. Pertama, untuk BUMD sektor air minum tercatat sangat intens dalam melakukan inovasi untuk mendukung kinerja dan layanan kepada masyarakat. Terutama inovasi yang berbasis teknologi digital.

Kedua, BUMD sektor keuangan makin intens dalam melakukan kegiatan-kegiatan pengalokasian pembiayaan untuk pembangunan masyarakat dan pembangunan daerahnya. Ketiga, BPR juga ditemukan oleh juri, telah mulai aktif juga melakukan kerjasama-kerjasama bisnis, kolaborasi bisnis dengan sesama BPR maupun dengan pihak ketiga. 

Keempat, untuk BUMD Pasar Daerah, juga ditemukan telah ikut menjaga stabilitas pengendalian harga inflasi. Kelima pada sektor layanan umum BULD Rumah Sakit Umum Daerah yang telah melakukan banyak inovasi berbasis teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Penghargaan kategori Top Pembina BUMD diberikan kepada Gubernur, Bupati atau Wali Kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan, karena keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya,” kata Prof Djohermansyah.

Sekedar informasi, Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif juga menerima penghargaan dalam Top BUMD 2023. Abdul Latif diganjar penghargaan kategori Top CEO BUMD oleh penyelenggara.

Ajang Top BUMD Award selalu mendapat perhatian dari berbagai pemangku kepentingan BUMD di Indonesia. Pada penyelenggaraan Top BUMD Awards 2018 lalu dihadiri oleh Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI saat itu), Oesman Sapta (Ketua DPD RI), dan Tjahjo Kumolo (Menteri Dalam Negeri RI) serta Kepala-Kepala Pemerintahan Daerah maupun CEO dan manajemen BUMD, dengan jumlah yang hadir sekitar 700 audience.  

Pada Top BUMD Awards 2020, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin juga memberikan Keynote Speechnya dalam kegiatan Top BUMD Awards yang juga dihadiri ratusan peserta. Meskipun dunia bisnis masih didera pandemi Covid-19 pada 2020 hingga 2022, minat para pelaku BUMD mengikuti ajang Top BUMD Awards cukup tinggi. 

Pada 2021, misalnya, tercatat, ada 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut, meningkat 12 persen, dibanding tahun 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Pada penyelenggaraan Too BUMD 2022, jumlah peserta yang mengikuti penilaian kembali meningkat menjadi 200 perusahaan/BUMD. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan