Angka IPM di Konsel Terus Meningkat

KENDARINEWS.COM — Tujuan akhir pembangunan adalah kesejahteraan rakyat. Manusia bukan hanya merupakan obyek tetapi diharapkan dapat menjadi subyek pembangunan. Sehingga dapat memberikan kontribusi bermanfaat bagi kemajuan suatu daerah yang secara makro menjadi kemajuan suatu negara. Hal tersebut dipahami betul Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) di bawah kepemimpinan Bupati, H. Surunuddin Dangga. Ia mengungkapkan, selama periode 2020–2022, indeks pembangunan manusia (IPM) di otoritanya menunjukkan peningkatan.

“Tahun 2020 sebesar 68,2 persen, kemudian meningkat menjadi 68,58 persen tahun 2021 dan 69,36 persen pada 2022,” kata Bupati dua periode itu, akhir pekan lalu. Ia menjelaskan sejak menjabat pimpinan daerah telah berkomitmen melakukan pembangunan berbasis pedesaan, sesuai potensi unggulan masing-masing. Sehingga tiap pembangunan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat.

“Daerah kita memiliki beragam potensi dan terus dioptimalkan. Mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan potensi lainnya. Karena tanah yang subur, kecukupan air dan hal pendukung lainnya. Tentunya potensi yang ada ini harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang baik pula,” ungkapnya. Diketahui, Bupati Surunuddin terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bukan hanya bagi Aparatur Sipil Negara, namun juga masyarakat umum lainnya. Salah satunya dengan konsen menyalurkan bantuan biaya pendidikan tiap tahunnya kepada ratusan mahasiswa non ASN. Baik program sarjana, magister dan doktoral. (kn)

Tinggalkan Balasan