Doa Sambut Ramadan Seperti yang Dibaca Nabi Muhammad SAW

KENDARINEWS.COM–Ramadhan 2023 hampir tiba, banyak persiapan dilakukan umat muslim termasuk dalam hal ibadah. Berikut doa menyambut Ramadhan seperti yang dibaca Nabi Muhammad SAW.
Doa menyambut Ramadhan ini dirilis detikJatim dari situs resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Doa berikut ini dibaca Nabi Muhammad SAW ketika melihat hilal.

Doa Sambut Ramadan
Bacaan arab:
اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّ

Bacaan latin:
Allahu akbar, Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imaani, wassalaamati wal islaami, wattaufiii limaa tuhibbu wa tardha, rabbunaa wa rabbukallahu.

Artinya:
Allah Maha Besar, Ya Allah tampakkan hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, serta taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. (HR Ad-Darimi No 1729).

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu segenap muslim. Bulan suci ini disebut sebagai bulan yang penuh berkah.

Selama bulan Ramadhan, orang-orang yang beriman diwajibkan berpuasa. Seperti yang diterangkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183.

Bacaan arab:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Bacaan latin:
Ya ayyuhal-lazina amanu kutiba alaikumus-siyamu kama kutiba ‘alal-lazina min qablikum la’allakum tattaqun.

Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.(**)

Tinggalkan Balasan