Siaga Bencana, Pemkab Koltim Tetapkan TRC Multi Sektoral

KENDARINEWS.COM — Tak ada yang dapat memprediksi, kapan waktu bencana alam akan melanda. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) terus meningkatkan kesiapsiagan untuk melakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Pemkab menetapkan komposisi Tim Reaksi Cepat (TRC) multi sektoral, dengan melibatkan unsur TNI, Polri, OPD, Tagana, Relawan pada setiap kecamatan hingga desa/kelurahan, organisasi Pramuka, PMI termasuk masyarakat itu sendiri.

“Ini sebagai upaya kesiapsiagaan. Sehingga ketika ada peristiwa bencana, maka stakeholder sudah memersiapkan diri dengan baik. Sarana prasarana pendukung antara lain mobil tangki, perahu karet, mobil rescue Dinsos, dapur mobile dan lainnya, sudah siap. Kami juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat secara berjenjang, termasuk akan melakukan sosialisasi dan pelatihan TRC multi sektoral,”
jelas Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Bastian, usai mengikuti apel gelar siaga bencana, Kamis (16/3).

Di tempat yang sama, Kapolres Koltim, AKBP Yudhi Palmi DJ, menyampaikan, ketika terjadi bencana alam secara tiba-tiba, maka jajarannya siap diarahkan pada lokasi bencana tersebut. Menurutnya, penanganan bencana tidak dilakukan secara sendiri-sendiri tetapi semua pihak harus ikut terlibat untuk meminimalisir korban dan kerugian. “Saya imbau warga Koltim yang daerahnya berpotensi terdampak bencana alam banjir, angin puting beliung dan tanah longsor supaya mengantisipasinya. Mudah-mudahan pasca apel siaga bencana ini, semua pihak bisa berkolaborasi meningkatkan kewaspadaan. Kita bisa lebih semangat menjalankan misi kemanusiaan di daerah ini,” tutup Yudhi Palmi DJ. (kn)

Tinggalkan Balasan