Hanya Dua Kasus Covid-19, Kolaka PPKM Level 1

KENDARINEWS.COM–Kasus Covid-19 di sejumlah daerah mulai menurun, termasuk di Kabupaten Kolaka. Sesuai data terbaru dari Dinas Kesehatan setempat, kasus Covid-19 di wilayah otorita Bupati H Ahmad Safei tersebut kini tersisa dua kasus.

“Dua kasus ini ada di Kecamatan Samaturu. Adapun kedua warga yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris saat dihubungi kemarin (16/12).

Aris mengatakan, dengan tak adanya kasus Covid-19 di hampir semua kecamatan yang ada di Bumi Mekongga, maka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk Kabupaten Kolaka berada di level I. Dengan demikian, maka kegiatan seni, budaya, dan sosial kemasyarakatan yang menimbulkan keramaian masih dibolehkan.

“Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas. Kegiatan rapat, seminar, dan pertemuan juga diizinkan dengan kapasitas maksimal 100 persen dengan protokol kesehatan (prokes) lebih ketat,” ujarnya.

Meskipun kasus Covid-19 hanya dua kasus, kata Aris, pihaknya tetap mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus. Warga yang terkonfirmasi terpapar virus asal Tiongkok tersebut akan langsung ditangani.

“Pasien Covid-19 yang ditemukan akan langsung diisolasi. Adapun isolasi dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan pemantauan dari puskesmas setempat. Kami juga menyediakan ruang isolasi di RSBG Kolaka dengan kapasitas 20 tempat tidur,” tutur Aris. (KN)

Tinggalkan Balasan