oleh

Abdul Aziz jadi Bupati, Muliadi: Harus Menunggu Putusan Inkracht Kasus Andi Merya

KENDARINEWS.COM– Abdul Azis memenangkan Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim), tak hanya itu kini ia juga adalah Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Koltim.

“SK pengesahannya sebagai wakil bupati sekaligus Plt.Bupati berdasarkan SK Mendagri atas usulan Gubernur Sultra,” ujar Muliadi Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra, Minggu (28/8), kemarin.

Katanya, Pemprov Sultra akan memroses Azis menjadi bupati definitif setelah menerima putusan pengadilan inkracht (berkekuatan hukum tetap) atas perkara hukum yang membelit Bupati Koltim nonaktif, Andi Merya Nur.

“Semua itu ada prosedurnya. Sebab, saat ini Andi Merya Nur masih berstatus sebagai bupati meski nonaktif. Proses hukumnya masih berjalan,” ungkapnya.

Proses pengusulan Azis sebagai bupati definitif akan berjalan ketika sudah ada putusan pengadilan yang bersifat inkracht terhadap Andi Merya Nur.
“Kita belum bisa bicara bupati definitif, karena sampai saat ini belum ada putusan inkracht dari pengadilan atas perkara Bupati Koltim nonaktif, Andi Merya Nur. Dan sejauh ini, belum ada pengesahan pemberhentian, dan Andi Merya Nur sampai saat ini masih bupati nonaktif. Secara aturan perundang-undangan, Abdul Azis Wakil Bupati sekaligus Plt.Bupati,” tutur Muliadi. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan