oleh

Jabatan Fungsional Ubah Pola Pikir dan Kinerja

KENDARINEWS.COM–Proses penyederhanaan birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka telah berjalan sesuai mekanisme dan ketentuan perundang-undangan. Pada tahap transformasi, Pemkab Kolaka telah melakukan penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional dengan melakukan dua kali pelantikan, pada Desember 2021 dan Mei 2022.

“Jumlah keseluruhan pejabat administrasi yang telah disetarakan ke jaba­tan fungsional sebanyak 347 orang. Mereka diang­kat dalam jenjang jabatan fungsional ahli muda dan menduduki sekitar 60 jenis posisi fungsional yang tersebar di seluruh perangkat daerah,” ungkap Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo, saat kegiatan so­sialisasi jabatan fungsional dan mekanisme kerja pasca penyetaraan jabatan di lingkup Pemkab, Kamis (25/8).

Menurut Poitu, sebe­narnya dengan kebijakan penyetaraan itu akan membuat para pejabat ad­ministrasi yang terdampak untuk mengubah pola pikir dan sistem kerja. Jika sebe­lumnya bersifat hirarki, menjadi sistem kerja yang lincah, fleksibel dan ko­laboratif.

“Melalui sistem kerja yang baru, maka para pejabat fungaional hasil penyetaraan akan dapat ditugaskan secara fleksibel. Mereka tidak lagi bekerja dalam kotak-kotak tertentu melainkan fokus pada pen­capaian tujuan organisasi. Sehingga dalam kondisi seperti ini ASN dituntut untuk mampu berkinerja lebih optimal sesuai den­gan kompetensinya dan dapat dimanfaatkan tidak hanya pada unit organ­isasi namun juga di luar instansi,” jelasnya.

Poitu berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman dan pencerahan khusus­nya bagi paea pejabat fungsional hasil peny­etaraan.

“Semoga momen ini dapat dimanfaatkan oleh pejabat fungsional hasil penyetaraan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan teknis se­bagai ASN,” tuturnya.

Keg­iatan sosialisasi tersebut menghadirkan Mita Nezky. Analis Kebijakan Pada Asis­ten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendaya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut hadir sebagai narasumber. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan