oleh

Stok Blangko KTP Aman Hingga Oktober

KENDARINEWS.COM — Sampai kini, meski banyak pemula yang melakukan perekaman data kependudukan, namun stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi, dipastikan masih aman. Bahkan ribuan blangko tersebut bisa digunakan hingga Oktober mendatang. Apalagi perekaman dan server Disdukcapil masih dalam kondisi baik. Pada tahun 2022 ini, pihak Disdukcapil Wakatobi telah beberapa kali melakukan permintaan penambahan blangko. Bahkan sebelum kehabisan stok, pihak Disdukcapil segera mengusulkan permintaan, sebagai upaya menghindari kekurangan bahkan kekosongan. Sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat saat melakukan pengurusan dokumen kependudukan itu.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Wakatobi, Condo, menjelaskan saat ini stok yang tersedia ada lebih dari 4.000 keping. Ini bisa dipakai hingga bulan Oktober mendatang. Bahkan jika stok menipis, pihaknya akan segera melakukan permintaan. “Stok masih aman. Kita jaga saja jangan sampai kosong. Saat ini yang pemula baru melakukan perekaman cukup banyak. Jadi setiap hari pasti ada yang datang mengurus KTP. Sehingga kita harus siapkan terus blanko,” ujarnya, kemarin.

Disdukcapil juga saat ini tengah melakukan pemutakhiran data permintaan dari KPU Wakatobi. Meski begitu pelayanan tetap dilakukan seperti biasa. “Kalau alat pemutakhiran data kita gunakan dulu pengadaan tahun 2021. Nanti selesai ini baru kita salurkan ke Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko,” tambah Condo.

Untuk diketahui, pada April lalu Disdukcapil Wakatobi bahkan bisa mencetak lebih 130 KTP-el dan saat ini telah kembali normal. Biasanya dalam sehari kurang lebih 30 KTP yang dicetak. Namun, belakangan, mulai dipadati anak sekolah yang cukup usia untuk melakukan perekaman data kependudukan. (c/thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan