Pemkab Mubar jadikan Desa Walelei Sebagai Pencanangan GIB

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat (Mubar) mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) tingkat desa. Dari 81 Desa yang ada di Mubar, Desa Walelei yang dipilih sebagai pencanangnan GIB. Hal itu dikarenakan Desa Walelei dinilai memiliki lingkungan yang bersih dan rapi.

“Fokus dari GIB adalah peningkatan hidup bersih dan sehat. Kemudian sinergi penyediaan sarana dan prasarana yang menujang hidup bersih. Ditambah lagi dengan pengembangan sistim pengelolaan sampah. Semua sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Walelei, sehingga terpilih menjadi pencanagan GIB,” kata Penjabat (Pj) Bupat Mubar, Bahri usai melakukan pencanangan GIB Senin (22/8).

Lanjutnya, pencanangan GIB sebagai upaya mengsukseskan gerakan nasional revolusi mental. Makanya pihaknya melihat beberapa desa yang ada di Mubar untuk dicanangkan menjadi GIB. “Baru satu desa saja yang kita canangkan. Kita harap Desa Walelei menjadi percontohan bagi desa lain dan kemudian termotivasi untuk menjadi pencanangan GIB,” ucapnya.

Mubar satu itu menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada pemerintah desa dan masyarakat Walelei karena telah menjaga lingkungan menjadi bersih dan rapi. Sebagai wujud apresiasi itu, Bahri berjanji akan melakukan pengaspalan jalan di dua lorong di desa itu. “Jalan yang belum teraspal saya akan aspal tahun ini. Lorong dua kita aspal melalui APBD induk ini, dan lorong satu kita akan aspal pada APBD-P,” pungkasnya. (ahi)

Tinggalkan Balasan