oleh

Kery Peduli Aparatnya, Daftarkan 1.279 Honorer ke BPJS Ketenagakerjaan

KENDARINEWS.COM–Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menilai andil tenaga honorer di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe cukup besar dalam menopang tatanan birokrasi di wilayah setempat. Tugas-tugas pelayanan masyarakat terkadang lebih dominan ditangani honorer ketimbang aparatur sipil negara (ASN). Namun dari segi kesejahteraan, misalnya gaji, pemegang Nomor Induk Pegawai (NIP) sudah pasti di atas tenaga pramubakti tersebut.

Atas pertimbangan tersebut, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mendaftarkan 1.279 pegawai non-ASN menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Konawe-1 itu menyebut, Pemkab telah menjalin kemitraan dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sultra terkait perlindungan bagi 1.279 pegawai honorer Konawe. Lewat kerjasama itu, honorer Konawe diikutsertakan kedalam dua program BPJS Ketenagakerjaan. Yakni, program Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

“Ini merupakan bentuk perhatian serta keberpihakan kita terhadap para honorer di Konawe. Sebagai bupati, saya ingin memberikan perlindungan yang sama antara honorer maupun pegawai berstatus ASN,” beber politikus PAN Sultra itu.

Senada dengan itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan mengemukakan, di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), pegawai honorer Konawe sudah menunjukkan kontribusi nyata dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah. Di antaranya, sektor pendidikan, kesehatan, maupun pelayanan publik lainnya. Sebab itu, Pemkab perlu memberikan hak yang setara dalam hal perlindungan jaminan sosial bagi setiap pegawai non-ASN tersebut.

“Ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap kinerja yang diberikan. Jadi lewat kerjasama yang dilakukan dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sultra, tenaga honorer Pemkab Konawe bisa mendapatkan proteksi saat mengalami kecelakaan kerja. Mungkin santunan atau sebagainya, formulasinya sudah diatur oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ferdinand Sapan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sultra, Irsan Sigma Octavian, menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemkab Konawe terkait perlindungan sosial bagi pegawai honorer setempat.

Mantan Kepala BPKAD Konawe itu menerangkan, pemberian perlindungan kepada pegawai honorer tersebut, juga merupakan implementasi salah satu misi pemkab Konawe. Yakni, dalam hal meningkatkan kualitas dan kuantitas program jamsostek. Yang mana cakupannya bukan hanya masyarakat secara umum, namun juga meliputi segenap pegawai. Mulai dari ASN maupun non-ASN.

“Dengan didaftarkannya pegawai honorer sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kita harapkan mereka bisa tenang saat bekerja. Para honorer dapat lebih fokus dalam menjalankan tugasnya masing-masing tanpa harus memusingkan biaya pengobatan jika terjadi insiden dalam bekerja,” pungkas Ferdinand Sapan. (adi/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan