oleh

Tari Lumense Bombana Bakal Tampil di Istana Negara

KENDARINEWS.COM–Tari Lumense, tarian tradisional Tokotu’a, Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana dinilai layak ditampilkan di Istana Negara untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Idonesia (RI), 17 Agustus mendatang. Kepastian itu setelah pemprov sultra menerima surat resmi dari kementerian sekretariat negara RI beberapa pekan lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Anisa Sri Prihatin Tari Lumense merupakan salah satuu tari kebanggan masyarakat Bombana, yang berasal dari Tokotu’a atau Pulau Kabaeana. Tarian lumense, menjadisalah satu dari empat tarian nusantara yang dipilih memeriahkan dirgahayu kemerdekaan.

“Ini merupakan suatu bukti jika tarian asal Bombana mulai dilirik dan mendapat perhatian dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Selain akan tampil di Istana, kata dia, tarian lumense juga masuk menjadi nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022. Bombana menjadi peserta kategori atraksi budaya, dengan terpilihnya tari lumense.
Tari itu menjadi satu-satunya tarian yang mewakili Sultra di API 2022.

“Seluruh masyarakat Sultra, khususnya Bombana bisa memberi dukunganya melalui pesan singkat dengan cara ketik: API 13J kirim ke 99386. Voting bakal dimulai pada 1 Juni hingga 31 Oktober 2022 mendatang, dengan menggunakan saluran seperti short message service (SMS), video YouTube API Award, feed Instagram, serta Facebook,” pungkasnya. (kn).

Komentar

Tinggalkan Balasan