oleh

Bahri Bukukan Sejarah Mubar

KENDARINEWS.COM — Naskah sejarah pembentukan Kabupaten Muna Barat (Mubar) hasil rumusan Pemerintah Kabupaten (Pemka), telah ada. Setelah dibahas beberapa pekan, Pemkab akhirnya tuntas membukukan kisah perjuangan pemekaran hingga terbentuknya Mubar.

“Sejarah kita sudah susun. Drafnya, saya sudah baca. Kita sesuaikan dengan fakta-fakta yang ada tetapi tidak dalam rangka mengkultuskan seseorang. Juga tidak dalam menyakiti hati mereka yang berjuang dalam pembentukan Mubar,” kata Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri saat ditemui, kemarin.

Lanjutnya, naskah sejarah Mubar dimuat dengan mengakomodir seluruh cerita perjuangan pemekaran. Begitu pula dengan para tokoh yang berjuang mulai dari perintisan hingga penetapan pemekaran Mubar. “Tidak menonjolkan seseorang. Semua yang terlibat dalam pembentukan Mubar kita sebutkan. Sesuai dengan permintaan masyarakat, mengenai sejarah pemekaran maka tidak hanya berbicara bunga dan buah saja. Tetapi bicara mulai dari akar, batang, dahan, ranting, bunga hingga buahnya,” kata Direktur Perencana Keuangan Daerah, Kemendagri itu.

Ia menambahkan, dalam penulisan naskah sejarah, Pemkab Mubar melibatkan tim. Selain unsur pemerintah, juga melibatkan lembaga adat yang dipimpin La Ode Andi Muna (tokoh pemekaran Mubar, red). “Nantinya naskah sejarah ini kita akan bacakan saat peringatan HUT Mubar,” pungkasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan