oleh

Pembangunan Kantor Bupati Wakatobi Tak Dilanjutkan

KENDARINEWS.COM — Sejak tahun 2021 lalu, pembangunan kantor bupati Wakatobi, tak lagi dilanjutkan. Itu karena biaya untuk pengerjaannya tidak dialokasikan lagi melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Padahal sejak pertama proyek dikerjakan tahun 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi telah mengucurkan biaya yang tidak sedikit. Selama tiga tahun pembangunan, kantor yang lokasinya berhadapan dengan Gedung DPRD Wakatobi tersebut telah menyerap anggaran hingga Rp 22,1 miliar.

Sayangnya, selama dua tahun terakhir ini, belum ada kelanjutan pekerjaan proyek tersebut. Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi berharap, tahun depan pembangunan kantor yang memiliki dua gedung berlantai empat dan lima itu, bisa dilanjutkan. Meskipun tidak banyak, pihaknya hanya akan mengusulkan sekira Rp 7 miliar. Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamaruddin, menjelaskan, untuk biaya finishing masih membutuhkan kurang lebih Rp 58 miliar. Namun karena keterbatasan anggaran, maka pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Meskipun saat perencanaan awal, ditarget selesai tahun 2022 ini.

“Kita usulkan lagi tahun depan. Mudah-mudahan disetujui. Kita usul dulu Rp 7 miliar agar ada kelanjutan pembangunan di sana (kantor bupati),” katanya, Jumat (15/7). Ia menyadari, anggaran yang besar tentu tidak bisa diusulkan satu kali. Meskipun membutuhkan waktu, namun setidaknya diharapkan pekerjaannya bisa selesai. “Sekarang memang sudah tahap finishing atau akhir. Tapi tahap ini yang paling besar biayanya. Kita akan usulkan pelan-pelan agar pembangunan dilanjutkan,” tambah Kamaruddin. (thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan