oleh

Bahri Siapkan Lima Hektar TPA Sampah

KENDARINEWS.COM — Kendati belum menjadi masalah serius, Pemkab Muna Barat (Mubar) mulai menertibkan sampah produksi rumah tangga. Pemerintah setempat menyiapkan lahan seluas lima hektar untuk lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Pj Bupati Mubar, Bahri, mengatakan, Mubar punya lahan seluas lima hektar yang sudah memiliki serifikat. Ini bisa menjadi lokasi TPA. “Nanti sampahnya bisa dibuang di sini,” katanya saat meninjau lahan persiapan pembukaan TPA kemarin.

TPA yang akan dibuka itu berada di Kecamatan Barangka. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga. Hanya saja tanah tersebut ditumbuhi pepohonan, seperti jati. Pihaknya akan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyata (PUPR) untuk melakukan penggusuran terlebih dulu. “Nanti tanahnya dibersihkan dulu. Sehingga mobil yang keluar masuk membuang sampah tidak kesulitan,” ucapnya.

Sebenarnya untuk persoalan sampah di Mubar masih cukup terkendali. Khususnya sampah milik keluarga. Dengan kondisi pekarangan rumah yang luas dan volume sampah yang kecil, sehingga masih bisa ditangani secara mandiri. Hanya saja ada beberapa tempat aktivitas umum seperti pasar yang volume samaphnya cukup besar. Sehingga perlu ditertibkan. “Jadi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa fokus saja dulu di sampah pasar. Diangkut lalu dibuang di TPA. Siapkan saja pasukan kuning (pekerja pengangkut sampah, red). Nanti saya tambah biaya operasional. Secepatnya mulai bekerja,” tutup Direktur Perencana Keuangan Daerah Kemendagri itu.

Sementara itu, Kepala DLH Mubar, La Kiro mengungkapkan segera menindak lanjuti instruksi Pj Bupati. “Kita akan angkut sampah yang ada di pasar-pasar. Untuk mobil kita sudah punya. Pasukkan juga sudah ada,” tutupnya. (ahi/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan