oleh

10 Tahun Beroperasi, Wings Air Stop Rute Kendari-Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Maskapai Wings Air yang selama ini melayani penerbangan ke Bandar Udara (Bandara) Matahora di Kabupaten Wakatobi, mengumumkan tidak akan beroperasi lagi. Keputusan itu efektif berlaku mulai tanggal 8 Juli 2022, sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Kondisi tersebut tentu kurang baik bagi perkembangan daerah yang terkenal dengan objek wisata bahari tersebut. Sebab angkutan penumpang reguler via udara, hanya dilayani perusahaan digantara tersebut. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi, Nadar, yang dihubungi tidak membantah informasi itu. “Lebih baik ke pihak Wings Air langsung atau Kepala Bandara,” ujarnya, Rabu (6/7).

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, sudah memberi penjelasan dalam siaran persnya, tekait penghentian sementara layanan penerbangan penumpang berjadwal domestik (regular flight) intra-Sulawesi Tenggara dari Bandar Udara Matahora di Pulau Wangi-Wangi, Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi tujuan Kendari melalui Bandar Udara Haluoleo di Konawe Selatan (KDI) pergi pulang (PP).

“Penghentian operasional sementara dimulai 8 Juli 2022 hingga pemberitahuan lebih lanjut (until futhter notice/ UFN). Keputusan ini diambil sebagai langkah dalam upaya penataan ulang dan kinerja rute berjadwal pada layanan dimaksud. Wings Air rute Wangi-Wangi – Kendari PP selama ini frekuensi terbang 1 kali (1x) setiap hari,” terangnya, kemarin. Wings Air akan terus mengevaluasi perkembangan situasi dan berharap mendatang dapat kembali membuka layanan penerbangan berjadwal sehingga akan mendukung aktivitas perekonomian serta mobilitas orang serta logistik di Wakatobi.

Sementara itu, Kepala Bandara Matahora, Yogi Suradi Ningrat, juga membenarkan penghentian pelayanan penerbangan pesawat Wings Air. Kami sudah menerima surat resmi dari PT Wings Air Abadi. Dfektif dari tanggal 8 sampai waktu yang belum ditentukan tidak beroperasi lagi,” ujarnya. Pasca mendapatkan surat ini, pihak Bandara Matahora langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar bisa kembali lagi, atau menunda dan mempertimbangkan rencana pemberhentian tersebut. “Terkait hal ini kami sudah melakukan negosiasi atau mencari solusi supaya bisa tetap beroperasi. Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” tambahnya.

Yogi Suradi Ningrat menambahkan, pihaknya sudah melayangkan surat ke pihak PT Wings Air Abadi dan ditembuskan ke Dirjen Perhubungan, Bupati Wakatobi, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, hingga Direktur Bandar Udara dan pihak terkait lainnya. Untuk iketahui, maskapai ini resmi membuka pelayanan rute Wakatobi-Kendari-Wakatobi pada 31 Oktober tahun 2012 lalu. Saat itu tahap awal penerbangan dilakukan selama tiga kali dalam seminggu. Setelah beberapa lama terbang, Wings Air akhirnya membuka rute setiap hari. Meski beberapa kali jadwal berubah, namun maskapai ini tetap setia melayani penumpang tujuan Kendari atau Wakatobi. Sayangnya, kurang lebih 10 tahun beroperasi, maskapai ini mengumumkan menghentikan penerbangannya di Wakatobi atau setahun masa jabatan Bupati, Haliana dan Wakilnya, Ilmiati Daud. (thy)

Komentar

Tinggalkan Balasan