oleh

Survei LSJ : Publik Ingin Parpol Sumber Rekrutmen Capres

KENDARINEWS.COM — Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei nasional terbaru tentang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasilnya, mayoritas publik setuju partai politik (parpol) sebagai sumber utama rekrutmen capres.

Sebab itu, keinginan sejumlah pimpinan parpol seperti Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan lainnya untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024 perlu diapresiasi.

“Bagian terbesar responden 52,8 persen mengaku setuju jika parpol menjadi sumber utama rekrutmen capres. Hanya 35,4 persen responden yang tak setuju parpol sebagai sarana utama rekrutmen capres dan sisanya 11,8 persen menjawab tidak tahu,” kata peneliti senior LSJ, Fetra Adrianto dalam siaran daring, Jumat (17/6).

Sementara itu mengenai elektabilitas tokoh nasional, Prabowo Subianto menempati 44,4 persen menjatuhkan pilihan pada Ketum Gerindra Prabowo. Kemudian disusul, Agus Harimurti Yudhoyono 14,4 persen, diikuti Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri 5,6 persen, Ketum Nasdem Surya Paloh 3,5 persen, Ketum GolkarvAirlangga Hartarto 3,1 persen dan Muhaimin Iskandar 2,0 persen.

Sementara Ketum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa masing-masing memperoleh dukungan kurang dari 1 persen responden. “Sebanyak 25,3 mengaku bingung memilih ketum parpol yang mana alias belum menjatuhkan pilihan,” ucap Fetra.

Survei nasional LSJ ini dilaksanakan pada 28 Mei-6 Juni 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 atau berusia 16 tahun ke atas. Jumlah sampel sebesar 1450 responden yang diperoleh melalui teknik multi-stage random sampling.

Margin of error yang ditetapkan sebesar +/- 2,57 persen dengan level of confidence 95 persen. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner. (jpg)

Komentar

Tinggalkan Balasan