oleh

Gembira Cerdas Ala Tafdil Siapkan 1.100 Kuota Beasiswa

KENDARINEWS.COM– Berbagai program telah diluncurkan Bupati Bombana, H Tafdil dalam mendukung peningkatkan pembangunan di wilayahnya. Tak terkecuali peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Melalui program yang bertajuk Gembira Cerdas, Bupati Tafdil secara rutin memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Bombana yang sedang menempuh pendidikan pada perguruan tinggi di Indonesia. 1.100 kuota beasiswa disediakan Bupati Tafdil untuk mahasiswa setiap tahunnya. Baru-baru ini, Bupati Tafdil menetapkan 500 mahasiswa penerima beasiswa Gembira Cerdas tahun 2022 tahap I. Hal itu tertuang dalam surat keputusan Bupati Bombana Nomor 369 tahun 2022. Beasiswa tersebut diberikan Bupati Tafdil untuk membantu biaya pendidikan mahasiwa asal Bombana.

Bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang tidak mendapat restu orang tua menempuh pendidikan di luar daerah, Bupati Tafdil menghadirkan fasilitas pendidikan bagi putra-putri Bombana. Bupati Tafdil menghadirkan perguruan tinggi vokasi di daerahnya yakni, Politeknik Bombana. Perguruan tinggi vokasi dipilih Bupati Tafdil guna menyiapkan tenaga yang ahli dan terampil di bidangnya.

“Lulusan perguruan tinggi vokasi nantinya diharapkan siap kerja dan mampu bersaing di dunia industri. Perguruan tinggi vokasi ini juga mengutamakan materi perkuliahan terkait jurusan masing-masing mahasiswa sehingga setelah menyelesaikan studi dapat langsung bekerja,” ujar Bupati Bombana, Tafdil Minggu (29/5), kemarin.

Tak hanya menghadirkan Politeknik, suami anggota DPD RI Hj. Andi Nirwana itu memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di kampus vokasi itu. Kuota beasiswa untuk 250 mahasiswa. Selain beasiswa dari Pemkab Bombana, Bupati Tafdil mengusung program satu desa satu sarjana. Melalui program ini, setiap desa yang ada di Bombana wajib memberikan beasiswa bagi satu atau dua putra-putrinya untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi, khususnya vokasi.

Melalui program Gembira Cerdas, Bupati Tafdil juga memberikan perhatiannya bagi warganya yang putus sekolah. Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), masyarakat yang putus sekolah di Kabupaten Bombana bisa mendapatkan ijazah melalui ujian kesetaraan mulai program Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SLTP), dan C (Setara SMA).

Bupati Tafdil mengungkapkan berbagai program yang menyentuh dunia pendidikan yang diberikan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemimpin terhadap para generasi muda yang tengah menuntut ilmu di bangku kuliah dan ingin berkuliah tapi terkendala kurangnya finansial. “Generasi muda ini adalah generasi penerus kita di Wonua Bombana. Jadi, pendidikan mereka harus terjamin,” ungkap Bupati Bombana,Tafdil.

Bupati Tafdil menyakini, ruang yang dirintisnya itu akan memunculkann generasi-generasi berkualitas meski dari segi ekonomi kurang mampu namun berprestasi. Dalam konteks inilah, pentingnya pemerintah hadir untuk melahirkan generasi mumpuni di masa mendatang.

Menurut Bupati Tafdil, daerah yang berkembang akan selalu berupaya meningkatkan pendidikan warganya. Memberikan ruang bagi putra-putri Bombana untuk melanjutkan pendidikanya juga menjadi sebuah legacy bagi generasi penerus Bombana ke depannya. Terlebih lagi, para generasi muda ini sangat berperan dalam memajukan daerah.

“Daerah sangat membutuhkan pemuda sebagai generasi penerus yang akan membangun daerah menjadi lebih baik dan maju. Untuk itu, sangatlah penting dilakukan peningkatan kompetensi dengan mendorong dan memberikan ruang dalam dunia pendidikan,” tutur Bupati Tafdil.

Peluh Bupati Tafdil dalam dunia pendidikan diapresiasi salah satu mahasiswa asal Bombana yang juga Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Bombana (Hipmab) Kolaka, Sarman. Menurut Sarman, dukungan Bupati Tafdil dan Pemkab Bombana terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa.

Melalu program Gembira Cerdas, putra-putri Bombana yang akan maupun yang tengah menempuh pendidikan di bangku kuliah sangat terbantu. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah dalam kendali Bupati Tafdil adalah wujud perhatian nyata terhadap dunia pendidikan Bombana. Perhatian tersebut hanya akan terealisasi apabila pemimpinya punya komitmen tinggi.

“Dukungan Bupati Bombana Tafdil dalam dunia pendidikan kita itu sangat luar biasa. Berbagai dukungan diberikan bupati kepada anak muda yang membutuhkan pendidikan sangat terlihat,” ujar Sarman. (idh/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan