Revitalisasi, Pelabuhan Pangulubelo tak akan Ditutup Total

KENDARINEWS.COM — Saat ini, pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Wanci, Kabupaten Wakatobi, telah melaksanakan pekerjaan revitalisasi di area Pelabuhan Pangulubelo. Meski saat ini kapal masih beroperasi, namun tidak lama lagi pelabuhan nasional tersebut akan ditutup sementara waktu. Masyarakat diharapkan tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut, khususnya para pedagang. Sebab pelabuhan tidak akan ditutup total.

Suasana rapat bersama berbagai stakeholder yang digagas pihak Syahbandar Pelabuhan Wanci terkait rencana penutupan sementara dermaga yang akan direnovasi.

Apalagi schedule pelaksanaan pekerjaan tersebut telah disampaikan lebih awal untuk menjadi pertimbangan kegiatan operasional kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Wanci, baik kapal barang (trayek tramper), pengangkut penumpang swasta/PT Pelni maupun kapal tol laut. Kepala Seksi Kesahbandaraan pada KUPP Wanci, Rahman, menjelaskan, agenda penutupan pelabuhan Pangulubelo karena ada revitalisasi. Namun untuk saat ini operasional kapal di pelabuhan nasional tersebut masih berjalan seperti biasa. Pihaknya memastikan akan melakukan penutupan sementara dalam waktu dekat. Dengan catatan sudah ada solusi terkait armada yang beroperasi di dermaga, baik Pelni maupun kapal lainnya.

Saat ini pihaknya telah mendengar isu di tengah masyarakat bahkan sudah ada beberapa pedagang yang menaikan harga barang. Alasannya karena pelabuhan akan ditutup dan kapal barang sulit masuk di Wakatobi. Hal ini dibantah keras oleh pihak KUPP Wanci. “Kami berharap agar semua pedagang di Wakatobi tidak menaikkan harga, karena kegiatan revitalisasi tidak menghambat kapal masuk di Wakatobi. Kami mendengar sudah ada beberapa pedagang yang menaikan harga dengan alasan Pelabuhan Pangulubelo akan ditutup,” jelasnya, kemarin.

Diakuinya, memang akan ada penutupan, tapi tidak secara total. Pihaknya mengharapkan agar pedagang menjual dengan harga normal, sehingga masyarakat juga belanja seperti biasa. “Karena untuk kapal yang selama ini beroperasi di Pelabuhan Pangulubelo, sudah kami pikirkan. Kami tidak tutup total,” tegasnya. Saat ini, pelayaran kapal masih berjalan seperti biasa. Bahkan buruh di Pelabuhan Pangulubelo tetap diberdayakan. “Dalam pekerjaan di Pelabuhan Pangulubelo ini buruh kami libatkan dan kapal tetap masuk ke Wakatobi. Jadi, tidak usah khawatir dengan penutupan Pelabuhan Pangulubelo,” tandas Rahman. (c/thy)

Tinggalkan Balasan