oleh

DAK Perumahan di Wakatobi Capai Rp 3,3 Miliar

KENDARINEWS.COM — Tahun 2022 ini, pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Wakatobi mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sebelumnya pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengusulkan anggaran untuk penyediaan hunian layak huni sebanyak 900 unit lebih. Sayangnya, yang disetujui dan akan terealisasi tahun ini hanya bagi 95 unit rumah warga saja.

Pemerintah Pusat memberikan kuota tahun ini dengan total anggaran mencapai Rp 3,3 miliar lebih untuk perbaikan 95 unit hunian. Bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan, akan diberikan dalam bentuk material bangunan. Program tersebut berupa bangunan rumah baru individual pra sejahtera.

Ilustrasi

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Wakatobi, Aswiadi, menjelaskan, saat ini pihaknya sementara melakukan verifikasi tahap akhir untuk memastikan calon penerima. “Total anggarannya Rp 3,325 miliar. Kita sementara verifikasi akhir. Karena usulannya lumayan lama, bisa jadi ada calon penerima yang sudah membangun rumah baru. Sehingga harus diganti dengan penerima lain yang lebih layak,” jelas Aswiadi, Senin (21/3).

Setiap unit rumah lanjut Aswiadi, akan mendapat anggaran dalam bentuk material sebesar Rp 35 juta. Jadi ada juga swadaya masyarakat penerima. “Misalkan, penerima harus menyiapkan biaya tukang atau seperti apa. Karena yang jelasnya, anggaran itu tidak akan maksimal membiayai satu unit rumah,” sambungnya.
Bantuan pembangunan rumah itu tersebar di tiga pulau yakni Binongko, Tomia dan Wangi-Wangi. Sementara Pulau Kaledupa belum ada untuk tahun 2022 ini. (c/thy)

Pembangunan Hunian untuk Warga Tahun 2022 :

  • Usulan : 900 unit.
  • Disetujui : 95 unit
    Total anggaran dari Pusat : Rp 3,3 miliar lebih.
  • Program itu berupa bangunan rumah baru individual pra sejahtera.
  • Setiap unit rumah akan mendapat Rp 35 juta
  • Bantuan pembangunan rumah itu tersebar di Pulau Binongko, Tomia dan Wangi-Wangi.

Komentar

Tinggalkan Balasan