oleh

Bupati Buteng Resmikan Dua Pasar

KENDARINEWS.COM — Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin merevitalisasi Pasar Rakyat Lamaraja di Desa Wakambangura II dan Pasar Pelelangan Ikan Kelurahan Watoolo, Kecamatan Mawasangka. Oleh Samahuddin, dua pasar yang dibangun dengan dana APBN itu diresmikan, kemarin.

“Kehadiran pasar ini berkat perjuangan kepala desa, camat, dan seluruh masyarakat. Semoga pasar ini bisa mendekatkan pedagang dengan pembeli sehingga ekonomi masyarakat semakin baik. Dengan demikian, pembangunan juga akan semakin meningkat,” ujar Samahuddin di hadapan warganya saat meresmikan Pasar Rakyat Lamaraja, kemarin.

Dengan diresmikannya dua pasar itu, ia optimis akan memberikan akses yang lebih baik kepada para pedagang level mikro. Selama ini mereka masih kesulitan mendapatkan fasilitas jual beli yang representatif. Ia juga meminta masyarakat agar mengelola dan memelihara dengan baik kedua pasar tersebut. Dengan menjaga kebersihan pasar, maka para pengunjung maupun pedagang akan merasa nyaman sehingga transaksi jual beli berjalan maksimal.

“Pembangunan pasar ini menggunakan dana APBN. Tentu saja prosesnya tidak mudah. Dengan pendekatan yang baik, Buteng berhasil mendapatkan anggaran. Pengelola dan pedagang pasar harus bisa menjaga pasar dengan baik,” tandasnya.

Bupati Buteng, H. Samahuddin meresmikan pasar rakyat Lamaraja di Desa Wakambangura II Kecamatan Mawasangka, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Buteng, Usman Mbolosi mengatakan, dari total 500 lebih kabupaten/kota yang ada di Indonesia, hanya 112 daerah yang berhasil mendapatkan dana APBN tahun 2021 untuk pembangunan pasar rakyat. Salah satunya adalah pasar rakyat Lamaraja di Desa Wakambangura II Kecamatan Mawasangka.

Pasar Lamaraja akan beroperasi dua hari sekali. Jadwalnya, bergantian dengan hari operasi Pasar Mawasangka. Jika animo masyarakat tinggi, kemungkinan pasar akan dioperasikan setiap hari. Sedangkan pasar ikan bakal beroperasi di sore hari.

“Pasar Lamaraja terdiri atas 20 kios dan 88 meja. Semua kios sudah terisi sedangkan meja tinggal empat,” pungkasnya. (uli/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan