Pemkab Koltim Usul 15 Program di Murenbang Provinsi

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur telah merampungkan usulan skala prioritas pembangunan tahun 2023. Berdasarkan catatan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Koltim, tercatat ada 15 usulan Pemkab Koltim di Musrenbang Provinsi dan 94 usulan di pemerintah pusat.

Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenwas menyampaikan, penjaringan skala prioritas rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sudah rampung. Usulan infrastruktur dasar dilakukan berjenjang. Mulai dari dusun, desa, kecamatan sampai kabupaten. Semua sudah dipadukan dan tinggal diusulkan ke provinsi dan pusat. “Agenda strategis program prioritas pembangunan daerah telah terakomodir semuanya di tahun 2023. Semoga bisa disahuti pemerintah provinsi dan pusat,” harap Sulwan, kemarin.

H. Sulwan Aboenawas

Menurutnya, dari semua usulan, pembangunan infrastruktur dasar dan pemulihan ekonomi pandemi covid 19 menjadi priritas. Harus didahulukan, demi kebangkitan dan kemajuan masyarakat Koltim. Bukan hanya itu, sektor pertanian, perkebunan serta peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan, juga terus dipacu agar terus meningkat.

“Usulan masyarakat dan pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah telah dipadukan dengan program pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat. Sehingga, daftar usulan pembangunan masuk 15 ke Murenbang Provinsi dan 94 Nasional,” jelasnya. Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbang Koltim, Mustakim Darwis merinci, sebanyak 15 usulan akan disampaikan pada Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara, 94 usulan program akan diusulkan melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Ketua KKSS Koltim ini mengatakan, usulan yang diterima sesuai renja organisasi perangkat daerah, akan dibiayai melalui dana alokasi umum (DAU) anggaran pendapatan belanja daerah sebanyak 234 program. Dan diusulkan dalam penganggaran dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 35 usulan.

“Kami terus berupaya untuk menghasilkan perencanaan yang baik. Dengan melibatkan semua unsur terkait. Serta disesuaikan dengan visi dan misi daerah,” kata Mustakim. Untuk diketahui, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) sudah berlangsung. Acara Musrembang dihadiri Dirjen Perencanaan dan Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenawas, Bapedda Provinsi, Pj. Sekda dan Forkompida. (b/kus)

Tinggalkan Balasan