Jika Hakim Jujur, Margarito Kamis : Nur Alam Bebas

KENDARINEWS.COM — Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis menilai putusan hukum atas kasus Nur Alam terkesan dipaksakan. Apalagi alat bukti yang digunakan hakim memvonis mantan Gubernur Sultra sangat lemah. Pasalnya, hanya berdasarkan asumsi dan persepsi.

“Kalau hakim mau jujur, perkara Nur Alam akan diputuskan bebas,” kata Margarito Kamis saat menjadi pemateri bedah buku memoar Nur Alam gubernur yang dipenjarakan berjudul “Dipaksa Salah Divonis Kalah” di Hotel Claro Kendari, Senin (7/3).

MARGARITO KAMIS

Bagi pria yang digadang-gadang akan maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Maluku Utara (Malut), pasal gratifikasi yang dialamatkan ke Nur Alam tak masuk akal. Sebab tidak ada secuil pun kerugian negara. Terlebih uang yang didakwa mengalir ke Nur Alam telah dikembalikan.

“Dana yang disebutkan gratifikasi telah dikembalikan jauh sebelum dilakukan penyelidikan termasuk uang kelebihan dan pinjaman,” jelasnya.

Di sisi lain, bisnis yang dilakukan Nur Alam dengan sahabatnya, Chen Linze murni pribadi dan tak bisa dilekatkan dengan jabatannya selaku gubernur. “Jadi, tidak semuanya bisa disangkut pautkan dengan jabatan,” tandasnya. (mal)

Tinggalkan Balasan