oleh

Delapan Mahasiswa Sultra Lulus Program Summer Semester di Amerika

KENDARINEWS.COM– Delapan mahasiswa terbaik asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sebelumnya berhasil lolos mengikuti program beasiswa sampoerna pada Tahun 2019 dan 2020, kini dinyatakan layak mengikuti program summer semester di The University of Arizona Amerika Serikat (AS).

Bahkan, untuk melancarkan program Mahasiswa Sultra ke Amerika, pemrov Sultra bakal memberi bantuan dan bekerjasama dengan pihak Putera Sampoerna Foundation (PSF). Bantuan ini telah tertuang dalam bentuk adendum berupa penandatanganan kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Sultra bersama PSF.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengatakan penandatanganan kesepakatan tersebut diantaranya memuat tentang kerjasama pemberian bantuan kepada delapan mahasiswa. Dimana sebanyak lima orang mahasiswa ditanggung sepenuhnya oleh Pemprov Sultra dan tiga lagi ditanggung pihak PSF.

“Alhamdulillah, kerjasama beasiswa sampoerna antara Pemprov Sultra bersama pihak PSF Prov Sultra terus terpantau, dan kini anak-anak terbaik kita tak hentinya memperlihatkan progres signifikan, sehingga kini delapan orang tersebut dinyatakan layak ke Amerika untuk mengikuti program summer semester,”kata lulusan S3 di The Australian National University (ANU), Canberra ini, Minggu (6/3).

Orang nomor satu di Dikbud Sultra ini menjelaskan, untuk mengikuti program summer semester di The University of Arizona Amerika Serikat, tentu terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa, diantaranya nilai semester minimal diatas standar dan berada pada posisi stabil, serta tidak boleh ada kemunduran dalam semangat belajar.

“Jadi dalam program beasiswa ini, setiap siswa itu akan terpantau mulai dari akademik hingga masalah kesehatannya. Dengan melihat kesempatan yang diberikan, secara tidak langsung anak-anak kita ini memperlihatkan semangat tinggi untuk belajar dan memanfaatkan dengan baik program beasiswa yang ada. Semoga tidak kendur sehingga dapat menciptakan brand image yang positif bagi kader-kader selanjutnya asal Provinsi Sultra,” ujar Asrun.

Ia mengakui, program beasiswa sampoerna sejalan dengan visi misi Pemprov yakni Sultra Cerdas, yaitu bagaimana meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak SDM unggul, sebagai penjabaran salah satu pilar Sultra Emas. Terlebih pada Sampoerna University Jakarta memiliki sistem pendidikan bertaraf internasional dan serupa dengan Universty of Arizona, Amerika Serikat.

“Saya meyakini, bahwa program ini memiliki peran strategis dalam membantu mencetak generasi masa depan Sultra yang berkualitas dengan kompetensi global dan berkaliber internasional, ” terangnya.

Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini menambahkan, program tersebut tentu telah dilaksanakan Pemprov Sultra bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF) sejak 2 Mei tahun 2019.

“Kita berharap agar dua orang siswa yang lolos program beasiswa sampoerna Tahun 2021 bisa menyusul setelah mereka memenuhi semester, memenuhi standar nilai, dan mempertahankan bahkan meningkatkan nilai tersebu,” harapnya. (rah)

Komentar

Tinggalkan Balasan