Risman Ramli Pimpin INKINDO Sultra


Setelah masa kepemimpinan Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Sultra periode 2018 – 2022 yang dijabat H.Junasdi ST, rampung, lembaga tersebut melakukan pemilihan ketua baru. Dalam Musda yang digelar pada 27 Februari 2022 dan dihadiri Wakil Ketua Umum DPN Inkindo, Ir.Erie Heryadi, terpilih sebagai Ketua DPP INKINDO Sultra periode 2022-2025 adalah Risman Ramli ST,MT. Moment ini sekaligus dilakukan penyerahan bendera kepemimpinan dari ketua sebelumnya kepada ketua terpilih.

Ketua DPP INKINDO Sultra terpilih, Risman Ramli (jas hitam)diserahi dokumen oleh Wakil Ketua Umum DPN INKINDO, Ir.Erie Heryadi (baju batik merah).

Risman Ramli, mengaku memiliki banyak program pada kepemimpinannya nanti. Salah satu program penting yang akan dilakukan yakni sosialisasi billing rate (Remunerasi jasa konsultan). Yakni program ini akan disosialisasikan hingga ke kabupaten/kota di daerah ini, karena banyak daerah belum mengetahui standar tersebut, sehingga pembayaran masih asal. Padahal sesuai ketentuan pemerintah sudah diatur besaran jumlahnya.”Hal ini yang membuat tidak menentunya harga dan merusak kualitas pekerjaan. Padahal billing rate ketetapan pemerintah ini bila dilakukan banyak sisi positif diperoleh.Selain menguntungkan badan usaha dan tenaga ahli, juga bisa meningkatkan kualitas pekerjaan di lapangan,” papar mantan Sekretaris INKINDO periode sebelumnya ini.


Menurutnya, bukan hanya billing rate, berbagai agenda sudah ada dalam rancanagannya, seperti halnya visi misi,saat pemilihan calon ketua dilakukan. Diantaranya mempermudah regulasi tentang pembuatan badan usaha. Karena hal ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah anggota INKINDO di daerah ini. Seperti diketahui saat pandemi jumlah anggota yang sebelumnya 148 badan usaha kini hanya 92, penyebabnya karena pemotongan anggaran membuat mereka harus mandek. Bila ke depan ekonomi di negeri ini membaik dan Sultra khsusunya, INKINDO akan membantu badan usaha mengurus segala persyaratan. “Termasuk sertifikasi badan usaha tetap menjadi agenda kerja kami,” paparnya.

Wakil Ketua Umum DPN INKINDO, Ir.Erie Heryadi


Adapun program bersama pemerintah dan hubungan eksternal yakni :Pengembangan Pasar Jasa Konsultasi bersumber dari dana ABPD PRov.Sultra. Berperan aktif dalam iven-iven yang diselenggarakan stake holder lokal maupun nasional. Membangun kesepakatan pasar dengan mitra baik pemerintah atau swasta untuk memperkuat INKINDO Sultra dan anggotanya.


Termasuk program koordinator wilayah yakni penguatan kemitraan strategis dengan Pemda serta mengembangkan forum komunikasi/klinik konsultasi. Serta masih banyak program lain seperti organisasi dan keanggotaan, pengembangan sistem informasi dan hubungan antar lembaga. (lis/adv).

Tinggalkan Balasan