Pengurus MUI Butur Resmi Dikukuhkan


KENDARINEWS.COM — Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Buton Utara (Butur) resmi dikukuhkan. Wakil Bupati Butur, Ahali, yang hadir dalam seremoni tersebut berharap, MUI dapat terus berkontribusi menjaga kerukunan umat beragama. “Pengukuhan pengurus MUI Kabupaten Butur ini merupakan momentum yang sangat strategis bagi terbangunnya hubungan harmonis intern umat Islam dan antar umat beragama, termasuk umat Islam dengan Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di daerah,” ujar Ahali, di aula Bappeda, Jumat (25/2).

Mantan Kapolsek Kulusus itu mengungkapkan, umat dan generasi muda Islam dewasa ini dihadapkan pada tantangan yang luar biasa berat. Dimulai dengan munculnya indikasi pergeseran nilai-nilai dasar kehidupan, masuknya budaya asing, lunturnya penerapan nilai adat-istiadat di tengah masyarakat dan ajaran-ajaran agama mulai diabaikan. Olehnya itu, MUI harus menjadi pioner serta mampu menjadi figur teladan, khususnya dalam upaya mempelopori terciptanya kehidupan yang aman dan damai, mewaspadai isu-isu dan gesekan bernuansa SARA yang dapat memicu tindakan anarkis serta memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Pengukuhan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Buton Utara yang turut dihadiri Wakil Bupati, Ahali (kiri), kemarin. MUI diharap dapat terus berkontribusi menjaga kerukunan umat beragama.

“Diperlukan peran seluruh komponen dan anak bangsa untuk menggugah kesadaran akan kebangkitan Islam khususnya peran MUI menjadi pendorong, motivator dan fasilitator masyarakat menuju masyarakat madani yang menjunjung tinggi moral, etika dan supermasi hukum sebagai resonansi dari kualitas iman dan takwa,” tandas Ahali. (c/had)

Tinggalkan Balasan