oleh

Mahasiswa FEBI UMK Asah Skill Public Speaking

KENDARINEWS.COM — Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, komunikasi yang baik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dihadapi. Hal inilah yang menjadi dasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar pelatihan Public Speaking.

Ketua Program Studi Manajemen FEBI UMKM, Azizah Rasudu mengatakan, pelatihan public speaking dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dapat berkomunikasi dengan baik. Entah itu berkomunikasi dengan sesama mahasiswa, dosen, orang tua, dan lainnya.

Suasana pelatihan Public Speaking di UMK Kendari. Pelatihan tersebut diharapkan bisa mendorong mahasiswa berkomunikasi dengan baik ditengah masyarakat. (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI NEWS)

“Ini (pelatihan) sangat bermanfaat sekali. Saya harap mahasiswa bisa terlatih cara berkomunikasinya dan bisa lebih percaya diri jika sudah memiliki kemampuan public speaking,” ungkapnya usai pelatihan public speaking di Aula UMK, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Pemateri Public Speaking Nisrina Hamid mengatakan, penguasaan skill public speaking sangat penting untuk melatih mahasiswa berkomunikasi didepan umum.

Nisrina tak menampik, saat ini banyak mahasiswa yang cerdas dari sisi akademik namun tidak mampu menyampaikan gagasan dan inovasinya kepada khalayak umum.

“Banyak mahasiswa yang cerdas, kreatif, inovatif, tapi karena tidak punya kemampuan untuk mentransfer inovasi, mentransfer ide kemudian tidak memiliki kemampuan komunikasi, maka selesai (sia-sia),” kata Nisrina.

Ia menyebut beberapa poin penting yang harus dikuasai mahasiswa dalam public speaking yakni meliputi penguasaan materi yang akan disampaikan, variasi suara, ekspresi wajah, kontak mata, bahasa tubuh dan masih banyak lagi.

“Yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana informasi yang disampaikan kepada orang lain pesannya itu bisa sampai. Itu agar komunikan dapat memahami pesan yang kita sampainkan sekaligus melatih mental dan komunikasi kita,” kata Nisrina.

Sementara itu, Azis salah satu peserta pelatihan Public Speaking FEBI UMK menyambut baik pelatihan kali ini. Menurutnya, pelatihan public speaking sangat baik dalam melatih mahasiswa dalam berkomunikasi. Itu mengingat peran mahasiswa yang merupakan agen of change ditengah masyarakat.

“Kami harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar pesan yang disampaikan bisa dimengerki oleh masyarakat. Pelatihan ini sangat baik dan kami harap bisa berlanjut pada pertemuan berikutnya,” kata Azis. (ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan