Surunuddin : Beras Super, Sejahterakan Petani!


KENDARINEWS.COM — Kualitas dan produksi hasil pertanian di Konawe Selatan (Konsel) terus dijaga. Bupati, H. Surunuddin Dangga bahkan telah menyiapkan stimulus ekonomi untuk mendukung program tersebut. Konsel-1 itu mengatakan, potensi gabah di daerahnya cukup besar. Mulai dari Lalembuu, Tinanggea dan Basala yang hampir mencapai 4.000 hektare. Makanya, Konsel memiliki peluang memproduksi beras sendiri. Komitmen, untuk menunjang hal itu Pemkab menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 7,5 miliar.

“Diantaranya untuk pembangunan dan pengadaan mesin modern rice milling unit (RMU) yang merupakan jenis penggilingan padi generasi baru, kompleks dan mudah dioperasikan. Serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Dengan RMU, proses pengolahan gabah menjadi beras akan berkualitas baik atau premium. Sama dengan beras super yang dikirim Sulawesi Selatan,” ungkap Surunuddin, kemarin.

H. Surunuddin Dangga

Produksi beras super Konsel tersebut kata Surunuddin, ditargetkan akan terealisasi pada tahun 2022 ini. Pemkab bekerja sama dengan Perusda dan saat ini masih proses lelang. Untuk lokasinya di Desa Punangga, Kecamatan Lalembuu. RMU modern ditunjang dengan gudang dan fasilitas pendukung lain, demi menjaga hasil panen para petani.

“Dengan adanya beras super Konsel ini dapat melindungi petani dari permainan harga. Begitu juga dengan tersedianya LPM yang modern, memberi kepastian petani mengelola hasil panen. Sebab selama ini petani kadang menjual hasil pertaniannya (gabah) ke luar daerah. Jadi petani mau panen pada musim hujan sekalipun, tidak takut lagi gabahnya tidak terbeli, karena fasilitas LPM kita sudah tersedia,” jelasnya. (c/ndi)

Tinggalkan Balasan