Bangkitkan Minat Belajar Saat Pandemi


KENDARINEWS.COM – Melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Baubau, tidak menyurutkan pihak sekolah. Upaya memaksimalkan minat belajar serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, di sekolah, menjadi cara efektif yang dapat dilakukan di masa pandemi ini. Hal tersebut diungkap Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Baubau, Waode Siti Arabia.

Ia mengatakan, di masa pandemi ini, pihaknya terus mengawasi para murid, baik dalam melaksanakan proses belajar di kelas maupun di luar ruangan. “Pembelajaran tetap dilakukan seperti biasa, hanya pengawasan terhadap siswa lebih kita tingkatkan lagi,” ujar Siti Arabia, Kamis (17/2). Setiap tahunnya SDN 3 Baubau, selalu mendapat undangan untuk mengikuti lomba cerdas cermat Matematika (CCM), baik tingkat Kota Baubau maupun Provinsi yang biasanya diadakan oleh Universitas.

Waode Siti Arabia

Saat ini, persiapan tetap dilaksanakan, baik dilakukan di sekolah maupun di rumah. “Kami tetap membimbing murid berprestasi, baik yang akan mengikuti lomba maupun tidak. Agar minat belajar mereka tidak menurun saat pandemi, semua ini agar mereka tetap semangat menjalankan latihan dan tugas yang diberikan oleh guru,” jelasnya.

Memberikan motivasi dalam belajarpun terus dilakukan. Penjelasan pelajaran bisa langsung dilakukan melalui komunikasi telepon seluler, jika ada murid yang belum memahami pelajaran sekolah. “Komunikasi antara guru dan murid sangatlah penting dalam menyelesaikan soal akademik maupun keterampilan atau kegiatan ekstrakurikuler sekolah,” sambung Siti Arabia. Untuk diketahui, Kota Baubau berada pada PPKM level III dan sesuai instruksi Mendagri nomor 11 tahun 2022, maka pembelajaran mengacu pada SKB empat menteri, dilakukan 50 persen dari total kapasitas yang ada. Pembelajaran juga dibatasi maksimal empat jam. (c/mel)

Tinggalkan Balasan