394 Mahasiswa USN Kolaka PPL di Tiga Kabupaten

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 394 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di Satuan Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA/MA), maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Sulawesi Tenggara. Sekolah yang menjadi tempat PPL tersebut berada di tiga kabupaten yaitu Kolaka, Bombana dan Kolaka Timur (Koltim). Dekan FKIP USN Kolaka, Dr. H. Nur Ihsan mengatakan, 394 mahasiswa yang diterjunkan ke sekolah-sekolah tersebut akan melaksanakan PPL lebih dari sebulan, yaitu mulai 14 Februari hingga hingga 31 Maret 2022 mendatang. Kata dia, para mahasiswa yang melaksanakan PPL tersebut berasal dari berbagai program studi (prodi) yang ada di FKIP, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Pendidikan Jasmani.

Dosen Pembimbing Mahasiswa PPL FKIP USN Kolaka, Takwa, S.Pd., M. Hum (empat dari kanan) dan Kepala SMK Negeri 1 Loea Koltim, Sujasmin, S.Pd., M.Pd (tiga dari kiri) berpose bersama mahasiswa PPL FKIP USN Kolaka seusai penerimaan para mahasiswa dan dosen pembimbing PPL di SMK Negeri 1 Loea.

Kata Nur Ihsan, kegiatan PPL sudah menjadi agenda rutin tahunan di FKIP. Para mahasiswa di tingkat akhir harus melaksanakan kegiatan tersebut dengan melakukan praktik mengajar dan giat lainnya di sekolah yang dituju. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan persyaratan yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir. “Salah satu tujuan PPL adalah untuk membentuk kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik yang memenuhi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan professional yang tentunya membutuhkan real classroom teaching sebagai wadah implementasi teoriteori pendidikan dan pembelajaran yang diperoleh mahasiswa selama di bangku kuliah. Alhamdulillah untuk tahun ini, kita bisa melaksanakan tatap muka praktik lapang anakanak mahasiswa PPL langsung di lapangan (sekolah). Tahun sebelumnya tak dapat kita laksanakan secara langsung di sekolah dikarenakan sebagian besar sekolah saat pademi covid-19 tidak dapat melaksanakan PPL sebagaimana layaknya, sehingga kebijakan pihak kampus saat itu, mahasiswa tetap melaksanakan PPL tapi berlangsung di internal kampus,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua Pelaksana PPL, Suriaman, S.Pd., M.Pd, mengungkapkan, para mahasiswa PPL kali ini disebar di 45 sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat yang ada di tiga kabupaten tersebut. Rinciannya, Kabupaten Kolaka sebanyak 25 sekolah, Kabupaten Bombana 11 sekolah, dan Kabupaten Koltim sebanyak sembilan sekolah. “Adapun karateristik peserta PPL berdasarkan angkatan yakni 2016, 2017 dan 2018. Para mahasiswa PPL tersebut tersebar di Kabupaten Bombana 68 orang, Kabupaten Kolaka 262 orang, dan Kabupaten Koltim 64 orang,” rinci Suriaman yang juga Dosen PPKn FKIP USN Kolaka. (fad/b)

Tinggalkan Balasan