Wali Kota Kendari Dorong Digitalisasi Platform Perencanaan

KENDARINEWS.COM — Perencanaan menjadi bagian penting dan strategis dalam pembangunan. Atas dasar itulah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir begitu konsen mendorong peningkatan kompetensi para aparatur perencanaan. Pasalnya, mereka harus bisa menerjemahkan arahan pimpinan dalam mensinergikan program Pemkot Kendari dengan provinsi maupun pemerintah pusat.

Menurut Sulkarnain, membuat perencanaan harus didasari landasan. Dengan begitu, program yang disusun lebih terarah. Tidak hanya mampu melihat perkembangan Kota Kendari jauh kedepan, namun harus bisa membaca kebutuhan termasuk merespon usulan-usulan masyarakat.

“Sebuah perencanaan yang baik adalah setengah dari kesuksesan. Sebaliknya ketika kita gagal dalam perencanaan, sama saja kita merencanakan kegagalan. Oleh karena itu, saya berharap pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) ini bisa di laksanakan dengan baik,”ujar Sulkarnain saat membuka Bimtek Perencanaan Pembangunan, Senin (17/1).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap Bimtek ini bisa membawa perspektif baru bagi aparatur perencanaan. Kedepan, penyusunan perencanaan pembangunan tidak lagi sekedar siklus rutinitas, namun juga bisa menghadirkan inovasi dan kreativitas.

“Kita Hidup di era digital, kita harus mengikuti era ini agar program yang kita rencanakan itu betul-betul bisa berjalan dengan baik, kita harus memanfaatkan platfrom digital yang ada,” pintanya.

Wakil Wali Kota (Wawali) Kendari, dr Siska Karina Imran meminta Bappeda terus meningkatkan kemampuan termasuk mengeksplor apa yang mereka miliki. Pasalnya, Bappeda adalah ujung tombak untuk menentukan arah perencanaan pembangunan Kota Kendari.

Sejauh ini, perencanaan pembangunan di Kota Kendari sudah sesuai yang diharapkan. Meski masih ada sejumlah PR yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), namun ia meyakini akan dituntaskan di akhir masa jabatan.

“Kami masih terus berusaha menyelesaikan apa-apa saja yang belum terealisasikan. Seperti proyek pengerjaan insfrastruktur baik jalan, gedung (Balai Kota) hingga penataan wajah kota,” pungkasnya. (b/m1)

Tinggalkan Balasan