Vaksinasi Nakes, Dinkes Kendari Target 450 Dosis Setiap Hari

KENDARINEWS.COM — Untuk melindungi Tenaga Kesehatan (Nakes), Pemkot Kendari mulai menyuntikan vaksin dosis ketiga atau booster. Pada suntikan dosis ketiga, jenis vaksinnya berbeda. Jika sebelumnya menggunakan sinovac, kini pemerintah lebih memilih menggunakan vaksin Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum pemberian vaksin dosis ketiga terhadap nakes penting dilakukan agar bisa mengurangi resiko terpapar Covid-19. Pasalnya, Nakes berada di lingkungan dengan tingkat paparan tinggi. Sebab mereka kerap kontak langsung dengan pasien covid.

“Seluruh Nakes akan mendapatkan suntikan dosis ketiga untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Meskipun dengan merk lain itu tidak masalah dan para ahli juga tidak mempermasalahkan. Malah baik untuk membooster anti bodi yang sudah terbentuk sebelumnya,” kata Rahminingrum, kemarin.

drg Rahminingrum

Terpisah, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kendari, dr.Jeni Arni Harli mengatakan penyuntikan dosis ketiga kepada nakes ditargetkan bisa mencapai 450 setiap hari. Untuk itulah, pihaknya telah menyiapkan tiga posko pelayanan. “Jadi, tiap posko bisa melakukan vaksinasi sebanyak 150 Nakes,” ujarnya.

Nakes yang disuntik kata dia, adalah mereka yang sudah terdata. Baik itu nakes yang bertugas di Rumah Sakit (RS), Puskesmas dan nakes yang berada di fasilitas kesehatan (fakes) tingkat kelanjutan lainnya maupun tingkat pertama.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi nakes saat akan disuntik vaksin Moderna. Diantaranya, Nakes sudah disuntik lengkap vaksin 1 dan 2 dan Nakes yang habis terpapar Covid-19 minimal 3 bulan setelah sembuh baru bisa divaksin Moderna.

“Untuk saat ini, sasaran nakes untuk mendapatkan vaksin Moderna. Jadi bukan data misal yang masuk (terdata) 5.000 nakes, maka itu juga yang akan disuntik. Tapi kita akan memverifikasi kembali. Karena jangan sampai ada yang tidak memenuhi syarat untuk di vaksin Moderna,” bebernya.

Pelayanan vaksinasi Moderna untuk nakes hanya difokuskan di kantor Dinkes Kendari. Pasalnya, puskemas masih melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua kepada masyarakat umum. (b/ags)

Vaksin Booster Nakes
-Gunakan Vaksin Moderna
-Target 450 Suntikan Perhari
-Buka 3 Posko Pelayanan
-Telah Divaksin Lengkap (Dosis I dan II)
-Minimal 3 Bulan Usai Sembuh dari Covid

Tinggalkan Balasan