Sekab Bombana : Masyarakat Boleh Salat Idul Adha di Lapangan

Man Arfah

KENDARINEWS.COM– Perintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, membolehkan pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah digelar secara terbuka di lapangan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 ketat.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Bombana, Man Arfah, mengatakan, surat edaran mengenai panduan penyelenggaran salat Idul Adha sudah dikeluarkan beberapa waktu lalu. Isinya, memperbolehkan umat Islam melakukan salat Ied di lapangan atau masjid.

“Tentu surat edaran tersebut kita jadikan salah satu pedoman. Kemarin kita sudah rapat bersama seluruh camat yang ada di Bombana. Disepakati, umatmuslim boleh salat Idul Adha di lapangan dengan penerapan Prokes ketat,” ungkapnya, Senin (12/7).

Beberapa syarat harus diperhatikan pemerintah setempat. Salah satunya, tidak boleh ada konsentrasi massa pada satu titik kecamatan yang merupakan gabungan warga dari beberapa desa. Sebab hal tersebut dikhawatirkan dapat menyulitkan kontrol terhadap jamaah yang hadir.

“Boleh di lapangan, namun satu atau dua desa menyediakan titik kumpul masing-masing. Jangan lakukan salat Idul Adha di satu lokasi yang diisi oleh seluruh warga desa di sebuah Kecamatan. Sebab jika itu terjadi, maka dikhawatirkan akan ada jamaah yang hadir tidak terindefikasi oleh pemerintah setempat,” tutur Man Arfah.

Menurutnya, pelaksanaan salat Ied di lapangan juga dapat mempermudah pemerintah untuk menerapkan Prokes Covid-19. Seperti menjaga jarak, hingga mengontrol pemakaian masker. Udara di lapangan terbuka juga akan lebih segar jika dibandingkan di dalam ruangan.

“Alhamdulillah lebaran kali ini kita lebih dipermudah lagi. Setidaknya salat berjamaah di lapangan terbuka bisa kita lakukan,” pungkas Man Arfah. (c/idh)

Tinggalkan Balasan