Kuota Pemkot 439 Formasi, Pemprov 1.150

Sulawesi Tenggara

Pendaftaran CASN dan PPPK Dilakukan Secara Online

KENDARINEWS.COM–Warga yang berminat menjadi pamong pemerintah harus segera melengkapi berkasnya. Sejak tanggal 30 Juni, pendaftaran seleksi telah dibuka. Di lingkup Pemkot Kendari, sebanyak 435 kuota Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang sediakan. Sementara di Pemprov Sultra, ada 1.150 formasi terdiri dari formasi CASN umum, PPPK guru dan PPPK non-guru.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kendari, Sudirham mengatakan pendaftaran CASN maupun PKKK sudah bisa dilakukan sejak 30 Juni sampai 21 Juli mendatang. Pendaftarannya dilakukan secara online dengan mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id.

Ia menyarankan, bagi masyarakat yang hendak mendaftar hendaknya mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) atau Surat Keterangan dari Diadukcapil, Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto, Swafoto (selfie), dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. “Harus disiapkan supaya nanti lancar saat melakukan registrasi,” ujarnya, kemarin.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, Sudirham menyarankan CASN maupun PPPK untuk menyampaikan brrkas pendaftaran secara fisik ke panitia seleksi calon ASN dan PKKK Kota Kendari untuk dilakukan verifikasi hingga 21 Juli mendatang. “Hati-hati saat mendaftar, terutama saat mengunduh dokumen yang dipersyaratkan. Itu penting karena akan disandingkan dengan berkas yang asli,” ungkapnya.

Sudirham menyebut, sebanyak 439 formasi bisa dilamar warga sesuai dengan klasifikasi pendidikannya. Rinciannya sebanyak 375 tenaga guru, 34 tenaga kesehatan, dan 30 tenaga teknis. “Untuk tenaga guru seluruhnya adalah PPPK. Sementara untuk tenaga kesehatan dan teknis adalah calon pegawai,” ungkap Sudirham.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak tergiur dengan penawaran kelulusan dari oknum tidak bertanggungjawab. Pasalnya seleksi dilakukan dengan berbasis Computer Assited Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Jangan percaya calo. Seleksi ini murni dan pusat yang tentukan kelulusannya. Seleksi CASN dan PKKK ini seluruhnya gratis,” kata Sudirham.

Kabid Mutasi dan Kepegawaian BKD Sultra, Kadir mengatakan pendaftaran dibuka perhari ini. Namun khusus tenaga guru proses pendaftarannya menjadi domian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Posisi daerah hanya mengumumkan sedangkan skedul pendaftaran dan perysataran lain-lainya itu ditentukan Kemendiknas. Kewenangan daerah hanya penerimaan CASN dan PPPK non guru.

“Untuk PPPK guru skedulnya dikeluarkan kemendikbud. Kita daerah hanya membantu memberi sosialisasi terhadap Juknis dan mengumumkan formasi yang diterima, “jelasnya.

Tahun ini, Pemprov kebagian 1.150 kursi. Untuk formasi umum CASN terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 27 kursi dan tenaga teknis 23 kursi. Selanjutnya formasi PPPK non guru terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 63 dan tenaga teknis sebanyak 2 formasi. Sementara untuk formasi PPPK guru berjumlah 1.035,” pungkasnya. (b/rah/ags)

Tinggalkan Balasan