DPRD Dampingi Pemkab Tertibkan Anjal

Kolaka
CITRA BURUK : Anggota Komisi I DPRD Kolaka bersama Dinas Sosial dan Satpol PP saat melakukan penertiban Anjal pada traffick light di jalan Pramuka, Kelurahan Lamokato, Senin (14/6).

KENDARINEWS.COM– Banyaknya anak jalanan (Anjal) yang mengemis dan menjadi pedagang asongan di jalan raya dalam Kota Kolaka, membuat pihak DPRD prihatin. Kondisi itu membuat wakil rakyat dari Komisi I DPRD Kolaka turun bersama dan mendampingi pihak Dinas Sosial serta Satpol PP turun langsung ke jalan untuk menertibkan Anjal, Senin (14/6).

Dimulai dari salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Jalan Pemuda dan dilanjutkan hingga ke traffic light, tim tersebut mengamankan belasan Anjal yang sedang mengemis maupun menjajakan jualannya pada pengendara.

Beberapa Anjal sempat menangis saat diamankan, namun berhasil ditenangkan. Setelah diamankan, belasan anjal tersebut diantar ke rumah orang tuanya masing-masing. Para orang tua diberi nasihat agar tidak membiarkan anaknya mengemis atau bekerja di jalanan.

Ketua Komisi I DPRD Kolaka, Kaharuddin, mengatakan, penertiban yang dilakukan tersebut merupakan inisiatif pihaknya. Hal itu dilakukan untuk mengajak pemerintah menuntaskan persoalan Anjal tersebut. “Anak seusia ini belum bisa mencari uang. Apalagi di jalan raya. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan mereka,” prihatinnya.

Legislator Partai Gerindra tersebut mengatakan, seharusnya keberadan Anjal menjadi perhatian serius pemerintah. Sehingga, Anjal di Bumi Mekongga, khususnya di ibu kota Kolaka tidak berkembang.

“Kalau Anjal terus meningkat tentu ini juga bisa berdampak negatif terhadap citra Bupati Kolaka. Olehnya itu, pemerintah harus menuntaskan persoalan ini juga,” saran Kaharuddin didampingi koleganya, Firlan. (b/fad)

Tinggalkan Balasan